Kendati Sirkuit Barcelona-Catalunya tidak menjadi lokasi tes pramusim tahun ini untuk pertama kalinya, para pembalap sangat paham dengan karakteristik sirkuit di Montmelo itu dan mengenalnya sebagai trek dengan sedikit kesempatan untuk menyalip.
Tahun ini Tikungan 10 mengalami sedikit modifikasi untuk mengurangi zona pengereman, namun Tikungan 1 masih menawarkan kesempatan terbaik untuk melakukan overtaking.
Hamilton start dari pole untuk ke-100 dalam kariernya, tetapi Verstappen memaksa sang pebalap Mercedes melebar di tikungan pertama dan mengambil alih pimpinan lomba di lap pembuka.
Namun, Verstappen kehilangan margin keunggulannya atas Hamilton setelah Safety Car dikeluarkan pada lap ke-9 karena mobil AlphaTauri Yuki Tsunoda mogok di Tikungan 10.
Menerapkan strategi yang berbeda, Verstappen masuk pit lebih dini pada lap 24 untuk ban medium, sementara Hamilton mencoba menjaga umur bannya lebih lama di trek dan membangun gap.
Hamilton masuk pit di lap 29, tetapi ketika keluar jalur pit ia menyaksikan Verstappen dengan mudah mengambil alih pimpinan lomba.