indoposonline.id – Dibalik semangat menuju zero emisi, ada persoalan lingkungan hidup dengan sampah baterai listrik yang dihasilkan kendaraan ramah lingkungan tersebut.
Kendaraan bermesin bakar dipandang sebagai musuh lingkungan dan mudah untuk mengetahui alasannya. Dengan membakar bahan bakar fosil, setiap sepeda motor, mobil, bus dan truk menambah polusi udara sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim.
Itu sebabnya pemerintah di banyak negara mendorong pengemudi beralih ke kendaraan listrik (EV) yang lebih ramah lingkungan. Hanya saja, baterai timbal-asam yang ditemukan di mobil bermesin pembakaran mudah dan banyak didaur ulang.
“Baterai timbal-asam adalah produk konsumen yang paling banyak didaur ulang secara global. (Teknologinya) matang dan terstandarisasi, sehingga tidak masalah siapa yang membuat baterai Anda atau mobil mana yang Anda miliki karena baterainya sesuai dengan spesifikasi peraturan tertentu,” ungkap Daniel Reed, dosen kimia material di University of Birmingham, dilansir Science Focus.
Kesederhanaan baterai timbal-asam juga membantu. Mereka mengandung bahan yang relatif sedikit (timbal untuk elektroda, asam sulfat untuk elektrolit, dan polipropilen untuk membungkus semuanya). Masing-masing dapat dengan mudah dipisahkan dan dijual kembali.
Baterai Lithium-ion EV
Hal di atas kebalikan dengan baterai lithium-ion pada mobil atau kendaraan listrik. “Dalam baterai lithium-ion, Anda memiliki sekitar 10 komponen berbeda yang diselingi sebagai bahan komposit kecil, serta polimer berfluorinasi, elektrolit berfluorinasi, dan pelarut berfluorinasi, yang semuanya merupakan mimpi buruk untuk dipisahkan,” kata Prof Andrew Abbott seorang ahli kimia fisika di Universitas Leicester.
Banyak dari bahan tersebut beracun dan beberapa bersifat piroforik. Ini membuatnya dapat menyala jika bersentuhan dengan udara, yang membuat pemecahan baterai EV menjadi proses rumit nan mahal.
Masalah lainnya adalah banyak dari bahan tersebut adalah ‘logam kritis’ (tanah jarang, litium, dan kobalt, misalnya). Bahan ini penting untuk bisa beralih ke teknologi energi bersih, tapi hanya ditemukan di beberapa negara. Jadi, satu-satunya cara untuk memastikan pasokan yang langgeng adalah memulihkannya dari produk yang biasa mereka buat.
Oleh karena itu, sepertinya kita menghadapi masalah lebih lanjut dengan beralih ke EV. Tapi itu tidak semua berita buruk.
Pertama, baterai lithium-ion dapat digunakan kembali. Begitu mereka mencapai titik di mana mereka tidak lagi dapat memberi daya pada kendaraan, mereka dapat memiliki kehidupan kedua sebagai perangkat penyimpanan energi yang dihasilkan dari sumber terbarukan.
Kedua, mungkin untuk mendaur ulang baterai EV, saat ini rumit dan mahal. Tapi kondisi itu akan berubah karena jumlah EV di jalanan akan meningkat.
Karena peningkatan kinerja baterai dan langkah-langkah seperti pajak karbon yang dikenakan pada produsen mobil, diperkirakan bakal ada keseimbangan harga untuk kendaraan bermesin pembakaran dan EV pada 2023.
“(Pada saat itu) kita akan melihat perubahan besar dalam hal adopsi,” kata Abbott. “Masa pakai baterai di kendaraan ini diperkirakan lebih dari 10 tahun.”
Pada saat itu, pasar baterai EV diharapkan 10 kali lebih besar dari pasar baterai timbal-asam saat ini. Jadi, akan ada banyak insentif untuk menemukan metode daur ulang baterai EV yang lebih hemat biaya di tahun-tahun berikutnya.
“Ada kebutuhan akan tingkat undang-undang untuk memaksa produsen memastikan baterai ini didaur ulang. Uni Eropa telah membawa undang-undang, yang saya yakin telah disalin oleh Inggris,” kata Reed, sambil mengakui undang-undang apa pun tidak boleh terlalu berat. “Perlu ada kebebasan berinovasi dalam daur ulang serta pembuatan baterai. Tetapi tanggung jawab harus ada pada daur ulang dan pemulihan bahan.”
Inovasi dalam pembuatan baterai sangat penting karena kompleksitas dan variasi desain bisa dibilang merupakan hambatan utama untuk daur ulang. Sebagian dari masalahnya adalah teknologinya masih muncul –desain baterai baru terus muncul dan melakukan desain salah bisa menjadi bencana bagi pabrikan baterai atau mobil.
Baterai EV yang lebih sederhana dan terstandarisasi yang aman, mudah, dan murah untuk dipisahkan menjadi bagian-bagian komponennya adalah solusi yang dicari semua orang. Artinya, baterai EV setara dengan baterai timbal-asam.
Tetapi perlu diingat bahwa kita hanya memiliki baterai lithium-ion sejak tahun 1980-an. Baterai timbal-asam muncul sekitar tahun 1860 dan baru pada 1970-an desain untuk kendaraan bermotor distandardisasi.
“Standarisasi akan datang sampai batas tertentu, tetapi ini adalah situasi ayam dan telur,” ucap Abbott. “(Mendaur ulang baterai EV) adalah masalah yang diketahui dan ada solusi untuk itu. Ini hanya meningkatkan produksi dan mendaur ulang pada tingkat yang sama dan mengawinkan keduanya bersama-sama.”