indoposonline.id – Pandemi covid 19 tidak menyurutkan para pelaku bisnis pernikahan melakukan inovasi. Begitu pun masyarakat sebagai konsumen. Bersama perusahaan layanan wedding konseptor, para calon pengantin terus mencari solusi. JSalah satunya dengan melakukan terobosan pemasaran melalui platform marketplace wedding digital.
CEO Weddingku Group, Tono Raharja dalam konferensi persnya Senin (9/8) menyebut kini baik konsumen, penyedia gedung acara, wedding decoration, wedding organizer, dan industri pernikahan lainnya harus bisa beradaptasi secara konsep sesuai masa new normal ini.
“Mulai dari konsep dhrive thru yakni makanan diberikan dalam bentuk hampers, hingga konep yang lebih intimate karena terbatasnya jumlah tamu, menjadi tren di masa pandemi ini,” ujar Tono.
Lebih jauh ia mengatakan, kedekatan menjadi salah satu kelebihan pernikahan di masa pandemi. Sebab, dengan lebih sedikitnya jumlah tamu, maka kedekatan pengantin dan keluarga dengan para tamu nya lebih bisa mendapat perhatian. “Hal lain yang menjadi tren tentunya konsep outdoor agar lebih bisa prokes, foto video dokumentasi yang lebih spontan, hingga pemilihan gaun yang lebih simpel,” katanya.
Bicara tentang bisnis, industi pernikahan di tanah air sudah pasti menurun drastis. Untuk Jabodetabek penurunan jumlah pernikahan yang diselenggarakan menggunakan jasa wedding konseptor hingga 50 persen. Sementara di Bali, sebagai venue wedding berkelas internasional, dari sebelumnya pada masa normal bisa mencapai 10 ribu acara pertahun, kini tidak ada sama sekali. “Calon pengantin dari luar negeri tidak masuk ke dalam negeri, jadi kami juga mengefisienkan organisasi kami untuk mengakalinya,” ujar Tono Raharja.
Pemasaran Platform Digital
Tono menambahkan, industi pernikahan tanah air kini harus lebih kreatif menjangkau konsumennya. Weddingku, sebagai media dan operator pernikahan teratas di Indonesia juga terus mengambil langkah itu. Yakni dengan menggelar pameran digital bertajuk “WILONA Wedding Fest” pada 9 – 29 Agustus 2021.
Dalam acara ini akan ada lebih dari 300 vendor pernikahan di Indonesia yang berpartisipasi dan tentuntya gebyar promo terbesar akan dihadirkan.
Dikatakan Tono, para vendor berkomitmen memberikan promosi terbaik untuk membangkitkan dunia wedding di era new normal ini. Beragam promosi bisa dinikmati para calon pengantin. Mulai dari cashback dari para vendor, tambahan bonus dan bahkan hadiah langsung berupa logam mulia emas 5 gram untuk setiap deal paket pernikahan di festival ini.
WILONA sendiri adalah layanan konseptor pernikahan terbaru dari Weddingku. Dengan layanan ini calon pengantin bisa berkonsultasi dengan spesialis wedding dan mendapatkan penawaran wedding secara cepat, gratis dan custom.
Hanya dengan masuk ke situs Weddingku.com, calon pengantin akan mendapatkan layanan konseptor pernikahan yang dapat membantu mempersiapkan pesta pernikahannya dengan cepat, tepat dan menyeluruh, ditambah lagi calon pengantin juga bisa langsung melakukan pembayaran di Weddingku.com.
Didukung oleh venue dan vendor pernikahan terkurasi dan terpercaya dari berbagai kota, Wilona dapat diakses dengan mudah kapanpun dan di manapun calon pengantin berada.
“Melalui layanan WILONA yang terintegrasi dengan platform di Weddingku, kami percaya para pengantin akan semakin mudah dan nyaman dalam merencanakan pernikahannya,” kata Tono Raharja.
Selama periode ini para calon pengantin bisa memilih promo-promo paket pernikahan mulai dari tempat resepsi, vendor dekorasi, vendor entertainment, wedding organiser dan vendor lainnya untuk diracik bersama dengan team Weddingku untuk mewujudkan rencana pernikahan impiannya sesuai dengan anggaran.
Diharapkan, dengan adanya event WILONA Wedding Fest, calon pengantin bisa mendapatkan konsep pernikahan yang diinginkannya meski harus dilaksanakan di tengah pandemi.
“Di masa pandemi di mana keamanan dan kesehatan menjadi hal paling terpenting dalam kehidupan sehari-hari, kehadiran Wilona akan menjadi fitur yang sangat membantu para calon pengantin untuk merencanakan serta mempersiapkan pernikahan mereka secara virtual” lanjutnya.
Bagi calon pengantin yang tidak mau repot, tinggal memilih vendor-vendor pernikahan yang sesuai dengan keinginan, bertanya ke Wilona, dan kutipan harga keseluruhan akan dikirimkan dengan cepat secara cuma-cuma.
Dengan mudah, calon pengantin dapat memilih bermacam paket-paket pernikahan terkurasi hanya dengan menghubungi Wilona baik lewat layanan digital di Weddingku.com maupun dengan menghubungi nomer Whatsapp khusus untuk Wilona.
“Fitur ini adalah inovasi Weddingku untuk memberikan layanan terbaik bagi calon pengantin untuk mempersiapkan hari istimewa mereka di zaman era baru seperti sekarang ini,” ujarnya. (msb/tim)