Pernah Dibully, Eks Penyerang Arsenal Ladies Ini  Getol  Kampanye Sosial

Legenda pesepakbola perempuan Inggris, Kelly Smith, gencar kampanyekan kegiatan amal. (Ist)

IPOL.ID – Legenda pesepakbola wanita asal Inggris, Kelly Smith terus berkampanye mendukung kesehatan mental remaja dan persamaan hak perempuan. Kegiatan sosial sekaligus amal tersebut ternyata mendapat respon perusahaan sportsbook BK8.

Tak hanya itu, BK8 menjadikan Kelly sebagai brand ambassador khususnya untuk kampanye amal. Menurut Kelly Smith, tawaran kerja sama dengan BK8 menjadi sebuah tantangan dan peluang terutama dalam mengkampanyekan keberlangsungan sepak bola perempuan jangka panjang. BK8 juga dinilai peduli dengan kesehatan mental perempuan dan remaja.

“Saya senang bisa bergabung dengan BK8. Mereka berkomitmen memberikan perhatian penuh pada kampanye saya, serta memiliki visi terbuka terhadap persamaan hak derajat  antara sepakbola wanita dan pria,” ujar mantan pemain berusia 42 tahun itu, baru-baru ini.

BK8 mengklaim kegiatan seperti yang digaungkan Kelly adalah juga menjadi isu penting dan kebijakan strategis perusahaan untuk terus berkembang dan lebih dekat dengan masyarakat pecinta sepak bola.

Direktur pelaksana BK8 Eropa, Michael Gatt mengklaim kerja sama seperti ini merupakan yang pertama dilakukan oleh sebuah sponsor sportsbook dengan legenda pesepak bola wanita dunia. BK8 telah berkomitmen penuh mengalokasikan sejumlah dana bagi kampanye amal untuk isu-isu perempuan.

“Smith sudah tampil di lebih dari 100 pertandingan untuk Inggris sambil memenangi total 20 trofi kejuaraan.  Profilnya tentu mewakili visi dan misi perusahaan untuk mendukung penuh laga sepak bola wanita,” ujar Michael Gatt.

Ketika ditawari kerja sama tersebut, Kelly mengaku terkesan dengan nilai serta ambisi perusahaan yang ingin membantu fokus pada permainan wanita sekarang dan di masa depan.  “Berkomitmen dengan support penuh untuk kegiatan amal, membuat saya terpesona,” kata bekas penyerang Arsenal Ladies ini.

Ia optimis, dengan keahlian profesionalnya disepak bola, kolaborasi ini dapat memberikan win-win solution, baik bagi dirinya maupun BK8 dalam mencapai tujuan masing-masing. “Saya yakin dengan saran dan keahlian saya, serta sokongan Bk8, kemitraan ini akan benar-benar sukses,” katanya.

Belum lama ini BK8 juga menjalin kemitraan dengan lima klub Laliga Spanyol sebagai sponsor. Mereka adalah Athletic Club, Elche, RCD Mallorca, Valencia and Villarreal.

Korban Perundungan

Bekerja sama dengan UNICEF Inggris dan yayasan amal lokal @socceraids, Kelly Smith giat menggaungkan kampanye anti perundungan (bullying), pencegahan upaya bunuh diri dan juga keberlangsungan sepak bola perempuan secara jangka panjang.

Kelly Smith saat menyabet berbagai gelar bergengsi bersama Arsenal Ladies. (twitter)

Ia juga aktif menggalang dana untuk yayasan yang bergerak dibidang pencegahan bunuh diri remaja bernama We Mind and Kelly Matters.

Ia mengaku, sebagai mantan pemain sepak bola, dirinya merasakan langsung bagaimana tekanan menghadapi hujatan para haters. “Mereka menginginkan saya selalu tampil dengan performa terbaik.  Perundungan seperti itu jelas suatu hal yang buruk,” kata Kelly.

Ia bercerita, ketika mengawali karir sebagai pesepakbola wanita, hujatan dan kritikan pedas sempat membuat ia tertekan dan sakit hati. Karena itulah ia berempati bagi para korban perundungan terutama pada anak dan remaja dimana usia tersebut rentan terkena depresi.

Sembari terus menggaungkan kampanye sosial, ia juga terus mendorong keberlangsungan bagi kemajuan sepak bola perempuan di Inggris. Salah satu caranya adalah dengan pembinaan jangka panjang dan memberi perhatian lebih pada hal nonteknis terutama kesehatan mental.

Kelly Smith diketahui terakhir memperkuat Arsenal Ladies tahun 2017. Bersama Arsenal, ia telah meraih empat gelar juara Women’s Premier League, tiga gelar Piala FA, dan satu gelar UEFA Women’s Cup. Ia memutuskan gantung sepatu setelah 20 tahun berkarier. Smith telah menyumbang 46 gol atau menjadi pencetak gol terbanyak untuk Lionesses, julukan tim nasional putri Inggris.

Smith melakukan debutnya bersama Inggris saat melawan Italia pada 1995. Ia mencetak gol pertamanya saat melawan Kroasia pada tahun yang sama. Ia tampil di empat kejuaraan Eropa serta Piala Dunia 2007 dan 2011. Ia juga menjadi bagian tim nasional Inggris Raya dalam Olimpiade London 2012.

Pelatih tim nasional Inggris Mark Sampson menyatakan, Kelly akan selalu diingat sebagai ikon pesepak bola wanita di pertandingan internasional. Smith, secara konsisten menunjukkan tanpa keraguan bahwa ia salah satu pemain terhebat yang pernah bermain di panggung terbesar. “Warisannya tidak hanya di lapangan, tapi lebih dari itu. Ada ribuan gadis muda menjadikan Kelly Smith sebagai inspirasi mereka,” katanya.

Sebagai informasi, melalui Brand Ambassador amalnya, BK8 telah menyumbang ke sebuah lembaga nirlaba: We Mind & Kelly Matters. Lembaga ini memiliki misi membantu mempromosikan kesadaran kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri. (msb/tim)

 

 

Artikulli paraprakBulan Madu
Artikulli tjetërHasil Liga Europa 2021/2021, Dua Wakil Inggris Punya Nasib Berbeda