IPOL.ID – Perusahaan remitansi digital asal Inggris, Wise, mengaku memiliki berbagai keunggulan untuk melayani pasar global khususnya Indonesia. Dengan mengedepankan kepuasan konsumen, Wise mengunggulkan layanan terdepan mereka dengan biaya transfer uang ke luar negeri yang murah dan cepat.
“Sebanyak 38 persen dari semua transfer internasional kami secara global dilakukan dengan instan (dikirim dalam waktu kurang dari 20 detik-red). Di Indonesia, kami lebih murah hingga 2,5 kali daripada bank dan penyedia jasa remitansi lainnya,” kata Indonesia Country Manager, Wise, Elian Ciptono dalam dalam keterangan tertulisnya kepada ipol.id di Jakarta Kamis (7/10/2021).
Ia mengungkapkan mengapa Wise lebih murah dan cepat, tidak lain karena Wise mengembangkan jaringan pembayaran internasional sendiri. Wise dapat memangkas fee dan membuat jalur transaksi tidak terlalu panjang sehingga membuat proses transfer uang ke luar negeri jauh lebih efisien. “Wise tidak bergantung pada model perbankan tradisional yang digunakan oleh bank dan penyedia lainnya untuk melakukan transfer uang ke luar negeri, ” ujarnya.
Ditambahkan Wise unggul karena jaringan pembayaran internasional yang dibangun memungkinkan pengguna untuk mengirim uang lebih murah, cepat, dan nyaman. Elian memberi contoh, misalnya, kalau pengguna ingin mengirim uang dari Rupiah ke Pounds, mereka cukup membayar dengan mata uang Rupiah menggunakan akun Indonesia, dan Wise akan menyelesaikan pembayaran melalui akun Wise di Inggris. Pembayaran tersebut tidak melewati batas dan membuatnya jauh lebih cepat dan murah daripada layanan tradisional.
Wise berusaha memberikan biaya yang murah dan selalu menunjukkan transparansi. Selain itu Wise tidak menaikan harga tukar mata uang karena menggunakan harga yang dapat dilihat di Google dan Reuters, serta memperlihatkan keseluruhan biaya di depan. Menurut World Bank, saat ini biaya rata-rata transaksi Wise secara global sekitar 0,67 persen, secara signifikan jauh lebih rendah dari biaya rata-rata industri remitansi secara global yaitu sebesar 6,38 persen.
Perluas Pasar
Saat ini Wise telah memiliki kepercayaan di lebih dari 10 juta penggunanya di dunia, dan telah hadir menyediakan layanan transaksi melalui 56 mata uang asing. Siapa pun dapat mengirimkan uang dari 43 negara dan juga dapat mengirim uang ke 80 negara.
“Dalam 12 bulan terakhir, Wise telah bertumbuh secara signifikan khususnya di Asia Pasifik di mana wilayah ini menjadi wilayah dengan pertumbuhan tercepat. Tahun ini, Wise telah mendapatkan tiga pencapaian besar, yaitu perubahan nama dari TransferWise menjadi Wise, ulang tahun yang ke 10, dan kesuksesan di London Stock Exchange.” jelas Elian.
Dengan semakin terdigitalisasinya kehidupan masyarakat di kawasan Asia Pasifik, membuat negara ini turut memiliki pertumbuhan yang lebih cepat. Bahkan, dari sisi pendapatan, Wise membukuan sumbangsih total transaksi di wilayah Asia Pasifik sebesar 89 juta Poundsterling, dari total pendapatan Wise di tahun fiskal 2021 sebesar 421 juta Poundsterling.
Secara global, salah satu alasan Wise me-rebranding nama dikarenakan tidak lagi berfokus pada persoalan transfer uang ke luar negeri saja. Lebih luas, kini Wise mempunyai Wise Account di luar negeri menjadi remittance wallet, menjadi sebuah aplikasi yang memberikan banyak variasi.
Elian optimis dapat membaca kebutuhan pasar dan menjawabnya lewat layanan yang diusung Wise. “Wise akan bekerja lebih keras untuk menghadirkan lebih banyak produk dan fitur yang relevan secara lokal, dan kami berharap dapat berkembang lebih jauh di Indonesia, sambil memenuhi kebutuhan pelanggan kami.” Ujar Elian Ciptono.
Hal lain yang ia utarakan adalah Wise mempermudah pelanggan secara digital. Mulai dari registrasi hingga verifikasi semua dapat dilakukan secara online melalui website atau aplikasi, sehingga pelanggan tidak perlu mengantre lama di bank atau pergi ke kantor fisik untuk mengirim uang.
Wise sendiri merupakan membuat perusahaan remitansi digital yang saat ini berkembang pesat. Sebagai salah satu perusahaan teknologi berbasis jasa remitansi global, Wise hadir di Indonesia dengan ambisi menjadi pemain wahid di industri ini.
Wise mengklaim terus berfokus pada apa yang menjadi kekhawatiran konsumen Indonesia. Berwujud aplikasi yang mudah untuk digunakan, mulai dari registrasi hingga verifikasi, semua dapat dilakukan secara online. (tim)