Relawan Prokes Salah Satu Kunci PON XX Papua Aman dari COVID-19

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito meninjau penyelenggaraan PON XX dan memberi semangat pada relawan protokol kesehatan (prokes) di Papua. Foto: ist

IPOL.ID – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang aman COVID-19 tak terlepas dari peran relawan protokol kesehatan (prokes) menanggulangi virus di masa pandemi ini.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, menyampaikan pujian tersebut di hadapan para relawan di Pos Komando Sub Satuan Tugas Prokes Merauke, Papua, Kamis (7/10).

Penyelenggaraan PON XX di Tanah Papua menjadi bukti bahwa pemerintah Indonesia konsisten membangun Papua. Baik dari infrastruktur dan suprastruktur. PON XX ini menjadi salah satu ukuran, ini merupakan titik kemajuan ke depannya.

BACA JUGA:  Meski Kalah dari Australia, Ketum PSSI: Peluang Lolos Masih Terbuka

“PON pada masa pandami ini luar biasa. Kita mampu, kita bangsa besar yang mampu menangani pandemi pada akhirnya nanti menjadi endemi. Kita yakin itu, maka tidak salah kalau kita mengusung moto ‘Torang bisa’. Kita bisa melakukan semua ini dengan bekerja sama,” kata Ganip yang sebelumnya menyaksikan pertandingan sepak bola putri DKI Jakarta melawan Kalimantan Timur di Stadion Katapal.

Ganip menjelaskan, para relawan merupakan elemen bangsa yang sangat membantu dalam penanganan COVID-19 di Tanah Air. Dia pun mengucapkan terima kasih dan bangga terhadap relawan Papua atas dukungan selama penyelenggaraan PON XX, khususnya di Kabupaten Merauke.

BACA JUGA:  Tekuk Barca, Madrid Menangi El Clasico Jilid Pertama Tanpa duel Messi dan Ronaldo

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para relawan. Ini suatu kebanggaan dari Papua. Ini menjadi kebanggan kita semua,” tutur Ganip yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Hal tersebut sangat beralasan karena kerja keras dan partisipasi para relawan sangat berjasa dalam mewujudkan keselamatan masyarakat. Ganip mengatakan bangsa Indonesia ini memiliki ancaman pada tiga bidang, yaitu kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa.

Apabila bangsa Indonesia menghadapi ketiga ancaman tersebut, pasti muncul persatuan dan kesatuan. “Itu kekuatannya,” tambah Ganip.

Dalam menghadapi penyelenggaraan PON yang masih berlangsung, Ganip berpesan untuk tetap bersemangat. Ia mengatakan bahwa ini belum berakhir, ini masih separuh jalan.

BACA JUGA:  Usai Kalah Telak dari Liverpool 0-5, Nasib Ole Gunnar Solskjaer di Ujung Tanduk
1
2
Artikulli paraprakKisah Inspiratif Ermey Trisniarty Wujudkan Mimpi Dapur Cokelat “The Power Of Emak-emak”
Artikulli tjetërDipersenjatai Keppres Baru dan Personil Tambahan, Satgas BLBI Kian Ganas Kejar Aset Negara