IPOL.ID – Televisi (TV) yang dikenal dengan tagline “dari Jakarta untuk Indonesia”, tanggal 8 Oktober, genap berusia 16 tahun. JAKTV yang tergabung dalam Mahaka Group ini mampu terus eksis di Ibukota sebagai TV lokal yang selalu mengikuti perkembangan.
Dalam momentum yang baik itu, meski dalam kondisi Pandemi Covid-19, perayaan ulang tahun JAKTV kali ini diselenggarakan secara sederhana dengan memperhatikan protokol kesehatan (prokes).
“Pada ulang tahun JAKTV ke-16 ini, kami isi dengan kegiatan membagikan sembako kepada anak yatim dan kaum dhuafa di sekitar kantor baru kami. Menggelar doa bersama dengan alim ulama setempat, dan bakti sosial berupa pembagian vitamin serta handsanitizer tuk kelompok pekerja pengguna angkutan kereta api di Stasiun Tebet,” tutur Direktur Utama JAKTV, Rama Mugiharto pada wartawan, (8/10).
Pada hari yang baik itu juga, katanya, acara ini turut didukung oleh pihak ketiga yang turut membantu kegiatan tersebut yakni bantuan sembako dari Gulavit, Teh Takokak, Biskuit Kokola dan juga bantuan multivitamin dari Youvit senilai 10 juta rupiah.
Seiring perjalanan waktu, kendati harus bersaing ketat dengan kompetitornya sesama TV lokal, sekaligus media nasional yang berpusat di Jakarta. Salah satu kiat JAKTV tuk tetap eksis dibisnis broadcasting adalah dengan melakukan diferensiasi program.
Di usia ke-16, JAKTV memperkokoh positioning program untuk segmen perempuan. Unggulannya saat ini adalah menggelar “Festival Drama Korea”, striping setiap hari selama 12 bulan. Dirilis mulai bulan September 2021.
Tak hanya itu, JAKTV juga merilis program unggulannya yang lain yaitu “The Hermansyah Story”. Sebuah program reality show tentang kehidupan keluarga artis tenar Anang Hermansyah. Drama keseharian dari keluarga mega bintang Indonesia tersebut akan ditayangkan di layar kaca JAKTV mulai tanggal 11 Oktober 2021, setiap hari pukul 21.00 WIB.
Khusus untuk akhir pekan, program “The Hermansyah Story” tampil dengan tambahan episode special “The Hermansyah Kids” pada pukul 14.00 WIB.
Lebih jauh, guna mempertebal tayangan untuk segmen perempuan, JAKTV juga melengkapi sajian dengan program referensi “What Women Want”.
Bagi manajemen dan karyawan JAKTV, ulang tahun ke-16 ini memiliki arti khusus. Selain pengokohan sebagai satu-satunya televisi dengan segmen perempuan yang tayang 24 jam penuh. JAKTV di bulan Oktober ini akan menempati kantor baru di kawasan Lapangan Ros, Tebet, Jakarta Selatan.
Sekedar diketahui bahwa JAKTV adalah media televisi dengan ijin siaran lokal Jabodetabek yang didirikan dua group usaha besar yakni Mahaka (Mahaka Media) dan Artha Graha Networks (Electronic City). Kominfo memberikan ijin Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Swasta Jasa Penyiaran Televisi kepada PT. Danapati Abinaya Investama melalui surat bernomor 373/KEP/M.KOMINFO/08/2011.
Dengan adanya kerjasama dengan lebih dari 60 paytv (lokal dan nasional) maka siaran JAKTV dapat dinikmati hampir di seluruh provinsi di tanah air. (ibl/msb)