IPOL.ID – Raffi Ahmad diperkirakan memperoleh pendapatan dari kanal YouTube, RANS Entertainment sebesar US$577,8 ribu hingga US$9,72 juta atau setara dengan Rp8,29 miliar hingga Rp132,02 miliar.
Menurut Social Blade, sebuah perusahaan yang melacak statistik dan analitik media sosial, pendapatan RANS bersumber dari iklan di kanal Youtube yang dikelola Raffi Ahmad tersebut.
Sebagai informasi, Social Blade menggunakan asumsi bahwa pendapatan per seribu tayangan (cost per thousand views/CPM) berada di angka US$0,25 – US$4, seperti dikutip dari CNBCIndonesia, Sabtu (25/12).
Meski baru bergabung di YouTube per 27 Desember 2015, Kanal RANS Entertainment yang bergabung di Youtube per 27 Desember 2015, sudah diikuti 22,5 juta pelanggan. Konten mereka telah ditonton lebih dari 4,94 miliar kali.
Banyaknya jumlah tayangan dan pengikut itu berdampak pada pendapatan Raffi dari Youtube, karena selipan iklan otomatis dilekatkan apabila konten sesuai dengan aturan yang disyaratkan.
Selain itu, Raffi juga dapat memperoleh pemasukan lain dari konten sponsor dengan merek atau perusahaan tertentu secara langsung di luar iklan.