IPOL.ID – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memborong delapan penghargaan sekaligus pada ajang PR Indonesia Awards (PRIA) 2022. Di antaranya E-Magazine Terbaik, Video Profile Terbaik, Media Sosial Terbaik, Laporan Tahunan-Sustainability Report Terbaik, Program CSR untuk Sustainability Business Terbaik, Program Marketing PR Terbaik, Perusahaan BUMN Terpopuler di Media Cetak, dan Platinum Winner (Best of The Best Public Relations) kategori BUMN.
Malam penganugerahan 7th Public Relations Indonesia Awards 2022 mengangkat tema “Kolaborasi untuk Kebangkitan Negeri”. BRI berhasil unggul dari ratusan peserta yang mengikuti ajang ini, yakni berasal dari berbagai korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang berkompetisi di PRIA 2022.
Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras tim komunikasi di BRI dalam mengkomunikasikan peran BRI untuk memberi makna Indonesia.
“Prestasi ini akan menjadi pemupuk semangat dan motivasi bagi kami untuk terus memberikan komunikasi yang terbaik dan membangun optimisme masyarakat di tengah kondisi yang menantang,” kata Aestika dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/3/2022).
Baca: Ada Ancaman Serius Ini di Ibu Kota Baru RI, Jokowi Tahu?
Di samping itu, kata dia, kesuksesan ini merupakan hasil dari transformasi yang dilakukan oleh perseroan secara konsisten. Tak hanya menciptakan nilai ekonomi BRI sebagai BUMN juga berupaya menciptakan nilai sosial kepada masyarakat.
Pola komunikasi yang efektif, terbuka dan relevan, kata Aestika, harus dijaga baik melalui berbagai channel komunikasi, baik media massa maupun media sosial. Selama ini, BRI terus membaca, menangani, dan memonitor segala informasi terkini yang beredar terkait informasi perusahaan.
“Di BRI sendiri, berbagai kampanye dilakukan untuk menyampaikan nilai-nilai perseroan secara efektif, seperti campaign Memberi Makna Indonesia di berbagai platform media. BRI juga menerapkan komunikasi yang membangun optimisme dengan empati, khususnya yang terkait core business BRI di UMKM dan upaya transformasi proses bisnis menuju digitalisasi, tujuannya agar masyarakat dapat segera bangkit di kondisi yang menantang di masa pandemi ini,” jelas dia.
Sebagai informasi, PRIA 2022 diselenggarakan untuk mengapresiasi kinerja humas/public relations (PR) yang unggul dari korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Ajang ini mencerminkan pencapaian tertinggi kinerja komunikasi korporasi/organisasi.
Penilaian dilakukan oleh dewan juri, terdiri dari pakar PR dan CSR, konsultan/agensi PR, tokoh asosiasi/organisasi PR, jurnalis dan fotografer senior, pakar desain dan branding, dan pakar media sosial. Di antaranya Founder & CEO PR Indonesia Asmono Wikan, Ketua Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia Suharjo Nugroho, PR INDONESIA Gurus Maria Wongsonagoro, CEO CPPROCOM Emilia Bassar, dan lain-lain.