IPOL.ID – Pulang kampung alias mudik di hari Lebaran menjadi tradisi yang tidak bisa dipisahkan bagi masyarakat Indonesia.
Warga sangat antusias pulang ke kampung halaman bertemu sanak saudara. Terlebih sudah dua tahun pemerintah melarang mudik mengingat penyebaran wabah Covid-19.
Niat mudik Lebaran ini biasanya memicu masyarakat untuk berlomba membeli sesuatu yang baru. Bukan hanya pakaian maupun peralatan rumah tangga baru, bahkan mobil dan motor pun harus baru.
Terbukti, jelang Lebaran ada peningkatan penjualan kendaraan baru sebesar 20 persen. Namun sebagian dibeli melalui utang. Seperti yang diberitakan di salah satu media online yang mengangkat judul “Kredit Kendaraan Baru Meningkat 20 Persen Jelang Lebaran”.
Guna menghindari dampak sosial dan kerugian masyarakat dari risiko utang. Masalah baru pun akan timbul bagi masyarakat berutang di kemudian hari. Nah, komunitas masyarakat yang sudah mengalami pahitnya berutang, tergabung dalam pengusaha MMC (MTR Miliarder Club) melakukan kampanye.