Gelombang Panas Selimuti Saudi, Kemenag Minta Jemaah Haji Jaga Fisik

Ilustrasi. Foto: Ist

IPOL.ID – Kementerian Agama mencatat sudah ada 51.987 jemaah haji Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci. Mereka kini sudah berada di Madinah dan Jeddah.

Mengingat situasi dan kondisi cuaca yang sangat panas dan terik, Kemenag mengajak panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Kloter dan Sektor untuk terus menjaga situasi dan kondisi kesehatan dengan istirahat yang cukup agar tidak kelelahan.

“Hal ini penting agar Jemaah dapat menjaga waktu istirahat dengan cukup, mengingat pelaksanaan wukuf masih lama,” kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag, Akhmad Fauzi dalam keterangannya yang dikutip pada Rabu (22/6/2022).

Pihaknua mengimbau, jemaah haji Indonesia untuk tidak memaksakan diri beribadah di Masjidil Haram. Sebab, setiap hotel tempat jemaah menginap sudah disiapkan fasilitas tempat ibadah.

“Di setiap hotel jemaah, telah disediakan fasilitas ibadah atau mushalla. Kami mengimbau kepada seluruh jemaah untuk dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jemaah tidak harus memaksakan diri untuk selalu shalat di Masjidil Haram,” ujar Fauzin.

Dari catatan Fauzin, sudah ada 164 persoalan diterima PPIH Sektor Khusus Masjidil Haram yang didominasi kasus kelelahan dan sakit sehingga sejumlah jemaah terpisah dari rombongan.

“Pemerintah benar-benar menekankan pentingnya menjaga kesehatan agarseluruh jemaah haji dapat melaksanakan wukuf dalam keadaan sehat, hikmat, dan tertib,” kata Fauzin.

Artikulli paraprakPKS akan Temui Surya Paloh Hari Ini, Bahas Koalisi?
Artikulli tjetërUsai Dicopot Jokowi, Eks Mendag M Lutfi Diperiksa Kejagung Hari Ini