Obati Rasa Kangen, Pasarina by Ranch Market di Sarinah Angkat Produk Lokal Unggulan dari Pelosok Negeri

Maria Suwarni, Chief of Merchandising and Marketing Officer PT. Supra Boga Lestari, Tbk, saat memperkenalkan Pasarina by Ranch Market di lantai Basement, Sarinah, Jakarta, Rabu (22/6). Foto: Joesvicar Iqbal/ipol.id

IPOL.ID – Aktifitas pengunjung di pusat perbelanjaan bernuansa budaya Indonesia di pusat kota Jakarta, Rabu (22/6) siang, tampak menggeliat. Ya, Ranch Market supermarket lokal premium pertama di Indonesia tengah melebarkan sayapnya memperkenalkan Pasarina by Ranch Market di lantai Basement, Sarinah, Jakarta Pusat.

“Dengan mengusung konsep ‘Traditional Meet Modern’, Pasarina mengangkat produk lokal berkualitas tinggi, siap memberikan pengalaman berbelanja menarik melalui interaksi digital, tradisi masyarakat Indonesia,” kata Maria Suwarni, Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari, Tbk di lantai Basement, Sarinah, Jakarta, Rabu (22/6).

Beberapa produk lokal yang ditampilkan antara lain bumbu, rempah, jamu, aneka teh daun, kecap dan masih banyak lagi. Diungkapnya, cokelat asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan satu contoh distingtif bahwa masih belum banyak yang tahu jika Kupang menghasilkan cokelat berkualitas di-packaging menarik.

“Dengan ditampilkannya produk unggul dari seluruh pelosok negeri, Pasarina mengajak masyarakat mengenal produk sekaligus mengetahui lebih dalam tentang daerah asal produk, jadi apa yang ditawarkan Pasarina dapat mengobati rasa kangen akan produk boga lokal bagi penduduk Jakarta yang melting pot dari berbagai daerah di Tanah Air,” tutur perempuan cantik itu.

Mengadaptasi brand metaverse pionir di Indonesia memiliki konsep unik dan berbeda dengan pasar lainnya. Store pertama Pasarina di Sarinah ini merupakan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang berstatus cagar budaya.

Sejurus akan hal itu, di Pasarina masyarakat bakal merasakan exciting new experience melalui kemudahan interaksi digital yang diberikan. Menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dengan Computer Vision mampu memberikan pemahaman atas lokasi 3 dimensi.

Selanjutnya, kata dia, memberikan koordinat pengguna serta teknologi laser scanning 3 dimensi, untuk melakukan scanning terhadap lokasi secara 3 dimensi.

Adanya Guidebot, layaknya personal assistant akan menuntun pengunjung secara one on one. Agar mengetahui lokasi dan promosi terbaik produk yang diinginkan melalui bantuan robot berteknologi Augmented Reality; fungsi search mengarahkan pengunjung mencari posisi produk tanpa harus menunggu karyawan toko.

Saat ini, lanjutnya, ada 10 destinasi utama untuk fungsi Guidebot dan akan berkembang mengikuti seluruh category di dalam store. “Pengunnung dapat memindai QR Code yang akan menuntun pengunjung pada pengetahuan produk interaktif lewat Augmented Reality yang akan hadir benda-benda virtual 3 dimensi dan firtual product knowledge untuk memberikan informasi produk, Pasarina hadirkan teknologi terkini,” akunya.

Kemudian Gamifacation memberikan proses berbelanja baru menarik dalam dunia digital. Dengan games maupun aktivitas menarik lainnya lewat penggunaan Virtual Reality. Sehingga pengunjung dapat menikmati pengalaman “belanja sambil bermain”.

Nah, guna memberi pengalaman berbelanja menyenangkan bagi pelanggan. Nantinya, semua itu dapat diakses pada aplikasi TRUST Live.

“Ke depan, aplikasi TRUST Live akan tersedia untuk brand lain milik PT. Supra Boga Lestari, Tbk seperti Ranch Market, Day2Day, Farmers Family, The Gourmet, dan Farmers Market. Fitur brand metaverse TRUST Live ini di-develop dan dipersiapkan khusus oleh Metaverse Studio Indonesia untuk Ranch Market Group,” tukasnya.

“Pengalaman belanja produk Pasarina dapat juga dilakukan di e-commerce Blibli.com, masyarakat memiliki pilihan, kenyamanan berbelanja langsung di physical store juga belanja dari rumah,” tambah dia.

Ranch Market di bawah naungan PT Supra Boga Lestari, Tbk, juga dikenal sebagai upscale supermarket yang memiliki koleksi produk berkualitas di Gedung Sarinah yang ikonik itu.

“Kami hadir menyediakan produk lokal unggul berupa hasil bumi segar dan boga bahari hasil kurasi terbaik dari segenap penjuru Nusantara, kurasi produk pun dilakukan secara ketat berdasarkan hasil riset dan masukan pengunjung dengan dukungan Departemen Perdagangan RI,” kata Maria.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati menyampaikan, experienced, innovative and passionate adalah ungkapan tepat menggambarkan kehadiran Pasarina di Jakarta. Dengan konsep unik, hadirkan angin segar bagi industri retail, terlebih di masa pasca pandemi ini sebagai pilihan utama keluarga memenuhi kebutuhan belanja harian.

“Konsep supermarket metaverse pertama di Indonesia oleh Pasarina, diharapkan menguatkan kembali Sarinah sebagai pusat belanja modern, sesuai kontemporerasi Sarinah sebagai destinasi adaptif terhadap perubahan jaman dan berkenaan bagi lintas generasi,” ujar Fetty dalam kesempatan sama.

“Sarinah dalam konsep transformasi bisnisnya juga merekatkan teknologi dalam ekosistem bisnis dan brand, kami apresiasi inovasi tenant dan mitra Sarinah mengembangkan usahanya serta terus menyempurnakan layanannya bagi para konsumen,” tutup dia. (ibl/msb)

Artikulli paraprakKementerian PUPR Dukung Air Baku Pusat Persemaian Modern Mentawir untuk Penghijauan IKN Nusantara
Artikulli tjetërJaksel “Pede” Bakal Raih Predikat Kota Layak Anak 2022