Sosialisasi Edabu Versi 6.7 Bersama Badan Usaha Wilayah Jakarta Selatan

IPOL.ID-Sebagai upaya penyampaian edukasi tentang aplikasi Elektronik Data Badan Usaha (Edabu) versi 6.7, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan melakukan sosialisasi secara masif dan bertahap kepada Badan Usaha (BU) terdaftar di wilayah Jakarta Selatan.

Dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda ditambah kebijakan pembatasan kegiatan secara tatap muka, maka sosialisasi yang dilangsungkan melalui ruang virtual Zoom.

Menyoroti salah satu kegiatan sosialisasi yang digelar pada Jum’at (25/03), BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan diwakili oleh Putri Utami selaku Relationship Officer.

Dalam sehari jumlah BU wilayah Jakarta Selatan khususnya dengan status aktif yang diundang untuk dilakukan edukasi terkait Edabu versi 6.7 ini mencapai 100 BU, hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Putri Utami.

“Tujuan dilakukannya sosialisasi Edabu versi 6.7 ini tentunya untuk memperbarui informasi kepada BU terutama bagi Person In Charge (PIC) Bu tersebut, karena terdapat fitur-fitur baru dan cara pengaplikasian yang sedikit disesuaikan agar PIC badan usaha bisa mengurus kepesertaan para pekerjanya dengan lebih mudah. Pada forum ini kami juga membuka sesi tanya jawab dengan PIC BU seputar cara penggunaan Edabu maupun informasi administrasi lainnya,”ucap Putri Utami.

Putri menjelaskan secara ringkas perbedaan pembaharuan pemanfaatan user id dan password antara Edabu versi sebelumnya dengan Edabu versi 6.7 yang terbaru, yaitu pada aplikasi Edabu sebelumnya PIC dapat login ke 2 perangkat dan 2 browser sekaligus namun pada versi 6.7 hanya bisa 1 perangkat maupun browser saja, Pada Edabu versi sebelumnya PIC dapat menyimpan password di browser dan user id langsung terisi ketika hendak login selanjutnya namun pada versi 6.7 fitur tersebut dimodifikasi demi keamanan data dan informasi BU.

Selain itu terdapat fitur-fitur terbaru dari aplikasi Edabu versi 6.7 dimulai dari halaman awal login, registrasi awal, menu beranda, fitur administrasi kepesertaan pekerja, update informasi data gaji, cetak Kartu Indonesia Sehat (KIS) pekerja, pengelolaan informasi tagihan dan riwayat data pembayaran, cetak data nonaktif serta menu referensi untuk membantu PIC badan usaha meningkatkan pemahaman tentang aplikasi Edabu dan terdapat pula video tutorial Mobile JKN.

Pada kesempatan yang sama, salah satu PIC BU yang merupakan peserta dari kegiatan sosialisasi turut memberikan tanggapannya terhadap agenda rutin yang digelar oleh BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan tersebut. Perwakilan itu adalah Istichomah selaku PIC PT Rekagriya.

“Dalam acara sosialisasi Edabu versi 6.7 kali ini kami sebagai PIC BU pastinya senang bisa mendapatkan edukasi baru untuk mempermudah pekerjaan. Kalau sebelumnya jika ada pengurusan adminsitrasi kepesertaan pekerja mulai dari pendaftaran, perubahan data dan updating data kami hanya bisa manual dengan beremail, kini sudah lebih simpel dengan digitalisasi Edabu, jadi dari segi waktupun kami bisa lebih efektif. Menurut saya hari ini penyampaian dari BPJS Kesehatan tentang informasi serta cara penggunaannya sudah rinci dan jelas,” ucap Istichomah. (DT/dv)

Artikulli paraprakIni Panduan Sholat Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban di Tengah Wabah PMK
Artikulli tjetërPriska dan Jessy Berjaya di ITF World Tennis Tour W25