IPOL.ID – PP Muhammadiyah berang dengan ulah Holywings. Bentuk promosi Holywings yang menggunakan nama Muhammad dan Maria tidak etis dan keterlaluan. Promosi itu bernuansa menyindir kelompok agama.
“Itu cara promosi yang tidak etis dan sudah keterlaluan. Pada level tertentu, ada nuansa menyindir kelompok agama,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Minggu (26/6/2022).
Cara promosi yang dilakukan perusahaan tersebut tidak seharusnya dilakukan di Indonesia. Terlebih, negara ini mayoritas penduduknya beragama Islam.
Menanggapi penetapan tersangka dalam kasus ini, Abdul Mu’ti menyebut proses hukum yang berlaku sudah tepat. Namun, di sisi lain ia ingin masyarakat mendapat edukasi agar kritis dan tidak terpengaruh promosi yang tidak benar.
“Proses hukum itu sudah tepat. Akan tetapi, yang lebih baik adalah bagaimana mengedukasi masyarakat agar kritis, arif, dan tidak terpengaruh promosi yang tidak benar,” paparnya.
Diketahui, polisi sudah menetapkan tersangkan dalam kasus ini, di antaranya Direktur Kreatif Holywings berinisial EJD, laki-laki, berusia 27 tahun. Dia berperan sebagai pengawas empat divisi.
Kedua adalah Kepala Tim Promosi Holywings berinisial NDP, perempuan, berusia 36 tahun. Dia bertugas mendesain program dan meneruskan ke tim kreatif. Tersangka ketiga adalah Desain Grafis Holywings berinisia DAD, laki-laki, 27 tahun yang berperan pembuat desain virtual. Keempat adalah Admin Tim Promo Holywings, berinsial EA, perempuan, 22 tahun, yang bertugas mengunggah atau upload konten ke media sosial.
Kelima Sosial Media Officer Holywings, berinisal AAB, perempuan, 25 tahun, yang bertugas mengupload postingan sosia media terkait Holywings. Keenam AAM, 25 tahun, sebagai admin tim promo yang bertugas memberikan permohonan (request( kepada tim kreatif dan memastikan event-event yang ada di HW.
Kapolres Metro Jakarta Selatan Budhi Herdi Susianto mengatakan bahwa dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tim penyidik Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan, terungkap motif dari para tersangka membuat promo itu untuk menarik pengunjung datang ke outlet HW, khususnya outlet-outlet yang persentase penjualannya di bawah target 60 persen.