IPOL.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggandeng Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi menggelar kegiatan webinar tentang “Cara Mudah Meningkatkan Penjualan di Media Sosial”, Senin (18/7).
Webinar diikuti oleh kelompok masyarakat dari berbagai komunitas digital di DKI Jakarta dan Banten. Tujuannya mendukung perkembangan ekonomi digital, khususnya di media sosial, peran masyarakat yang cakap akan dunia digital sangat penting, terutama dari komunitas ekonomi digital, sehingga mampu mendukung tercapainya target kumulatif sebesar 50 juta orang terliterasi di tahun 2024.
Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 berada pada level “sedang” dengan skor 3,49. Pengukuran dengan Kerangka Indeks Literasi Digital tahun 2021 ini menggunakan empat pilar, yaitu Kecakapan Digital (digital skill), Etika Digital (digital ethics), Keamanan Digital (digital safety), dan Budaya Digital (digital culture). Karena masih berada di level “sedang”, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD melakukan berbagai kegiatan seperti webinar Cakap Digital.
Perkembangan dunia digital yang sangat pesat turut serta membuat berbagai sektor berkembang termasuk Ekonomi. Perkembangan ekonomi di dunia digital atau yang disebut dengan ekonomi digital membuat berbagai kalangan sadar akan hal itu memanfaatkan kegiatan jual beli yang selama ini dilakukan secara offline, beralih ke media online. Pemasaran produk di media digital seperti media sosial akan meningkatkan penjualan produk.
Rocky Prasetyo Jati seorang dosen Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur sekaligus pengurus ASPIKOM mengatakan, kecakapan digital sangat berkaitan dengan UMKM. “Paham akan media digital khususnya media sosial sangat penting saat ini bagi pengusaha dan pelaku UMKM. Media sosial memegang peran penting sebagai sarana promosi yang efektif dan mudah,” ungkap Rocky.
“Platform media sosial saat ini bukan hanya menjadi sarana komunikasi, tapi terdapat fitur bisnis yang harus kita maksimalkan sebaik mungkin. Untuk sukses berbisnis di media sosial diperlukan kecakapan digital, selain itu kita juga harus jeli dan kreatif dalam membuat konten yang akan kita tampilkan di media sosial kita,” katanya lagi.
Sementara, Zulchaidir Ashary, CEO Pena Enterprise memberikan tips dalam berjualan online. “Jualan di media online tidak memerlukan modal yang besar, bahkan hanya membutuhkan biaya yang minim, tidak harus pula akun media sosial kita memiliki followers yang banyak, hanya perlu dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi, sehingga kita bisa terhubung dan berinteraksi dengan klien,” tutur Zulchaidir.
“Ada empat jenis konten untuk meningkatkan penjualan dan pengunjung di media sosial kita, pertama buat konten edukatif, ini akan membuat pengunjung penasaran dan tertarik untuk mengunjungi akun kita kembali. Kedua buat konten tips dan trik, selanjutnya konten inspiratif dan yang keempat buat konten informatif,” tambah Zulchaidir.
Ince Sitti Annis N, food photographer dan media sosial planner, memberikan materi tentang strategi dalam meningkatkan penjualan di media sosial. “Konten produk yang tampilkan di media sosial harus memperhatikan beberapa hal, pertama siapkan video produk sebaik mungkin, foto produk yang bagus dan jelas, kemudian perhatikan copywriting dalam penulisan caption sehingga dapat menarik calon pembeli, terakhir melakukan riset hashtag (#) sehingga produk yang akan kita tampilkan mudah ditemukan,” jelas Ince.
“Konten yang kita tampilkan harus sespesifik mungkin sehingga dapat memberikan informasi yang lengkap terhadap penonton, sehingga membuat penonton tertarik dengan produk yang kita tayangkan di media sosial dan secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan,” tutup Ince.
Amati, tiru dan modifikasi perlu diaplikasikan dalam melakukan promosi di media sosial, perlu strategi promosi khusus dan berbeda dari UMKM lain yang dapat menjadi daya tarik dan pemikat agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk kita.
Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat. Untuk mengikuti kegiatan yang ada, masyarakat dapat mengakses info.literasidigital.id atau https://literasidigital.id/.