Perkembangan dunia digital yang sangat pesat turut serta membuat berbagai sektor berkembang termasuk Ekonomi. Perkembangan ekonomi di dunia digital atau yang disebut dengan ekonomi digital membuat berbagai kalangan sadar akan hal itu memanfaatkan kegiatan jual beli yang selama ini dilakukan secara offline, beralih ke media online. Pemasaran produk di media digital seperti media sosial akan meningkatkan penjualan produk.
Rocky Prasetyo Jati seorang dosen Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur sekaligus pengurus ASPIKOM mengatakan, kecakapan digital sangat berkaitan dengan UMKM. “Paham akan media digital khususnya media sosial sangat penting saat ini bagi pengusaha dan pelaku UMKM. Media sosial memegang peran penting sebagai sarana promosi yang efektif dan mudah,” ungkap Rocky.
“Platform media sosial saat ini bukan hanya menjadi sarana komunikasi, tapi terdapat fitur bisnis yang harus kita maksimalkan sebaik mungkin. Untuk sukses berbisnis di media sosial diperlukan kecakapan digital, selain itu kita juga harus jeli dan kreatif dalam membuat konten yang akan kita tampilkan di media sosial kita,” katanya lagi.