Sebagai informasi, sebelumnya tercatat sebanyak 20.000 UMKM berhasil Go Online, sehingga setelah kegiatan ini berjalan jumlah UMKM binaan BUMN yang Go Online akan berjumlah 50.000 UMKM.
Dalam acara Kick Off 30.000 UMKM BUMN Go Online ini dilaksanakan dialog antara UMKM dengan Menteri BUMN sekaligus pemberian NIB kepada pelaku UMKM secara simbolik.
Tak hanya itu, ada pula Talkshow oleh pelaku UMKM yang telah sukses mengembangkan usahanya menggunakan platform digital atau e-commerce menceritakan pengalamannya yang dapat menginspirasi pelaku UMKM lainnya. Salah satu narasumber yang menceritakan kisah sukses berjualan di pasar digital, yakni Muhammad Sadad selaku pemilik Erigo store.
Diketahui, Erigo store merupakan brand fashion lokal yang berhasil dikenal di Amerika Serikat. Narasumber lainnya adalah pemilik merek sepatu lokal kenamaan Brodo yang berbagi pengalaman menjual produknya di pasar offline maupun online.
Tak ingin ketinggalan, para pelaku UMKM binaan Telkom juga secara konsisten mengembangkanusahanya melalui kanal digital, sehingga BUMN Go Online ini menjadi salah satu hal yang mendapat dukungan dan perhatian. UMKM binaan Telkom yang turut terlibat diantaranya adalah Janji seger, Birru Jewelry, dan Saung Batik Wdrupadi. Adanya Go Online iini selain menjadi penguat bagi para pelaku UMKM merupakan salah satu upaya Telkom dalam mendorong pertumbuhan ekonomi & sosial Indonesia dengan secara konsisten membimbing UMKM binaan. (bam)