IPOL.ID – Konsultasi kesehatan, apalagi menyangkut hal sensitif, masih menjadi hal yang tidak nyaman bagi sebagian masyarakat. Apalagi dengan munculnya banyak aplikasi kesehatan daring / telemedicine, membuat konsultasi via chat semakin mudah, namun jadi tantangan tersendiri bagi pasien untuk bisa berbicara bebas dengan para dokter.
Selain itu menemukan dokter yang tepat bisa terasa cukup menantang karena banyak nya pilihan yang tersedia dari sekian banyak platform yang ada. Bahkan saat bertemu tatap mata, menemukan diagnosis yang tepat akan sulit jika pasien tidak terbuka dalam menjawab pertanyaan anamnesis dokter.
Inilah sebabnya Alodokter menilai perlunya sebuah informasi guna memperkenalkan salah satu dokter terbaiknya. Seperti dr. Helena Sunarja, SpOG. Helena merupakan salah satu dokter di Alodokter dan anggota komunitas Alomedika yang berhasil mendapatkan review bintang lima dari lebih 10 ribu pengguna Aldodokter karena penanganannya yang disukai para pasien.
Semenjak bergabung dengan Alodokter di tahun 2019 silam, Helena Sunarja, atau yang akrab dengan panggilan dokter Helena, selalu memprioritaskan empati ketika berbicara dengan pasiennya lewat fitur chat di Alodokter. Menurutnya, penerapan konsultasi online dan offline itu sama saja, kuncinya ada di komunikasi antara dokter dan pasien. Apa yang dikomunikasikan oleh dokter akan lebih mudah diterima dan dicerna oleh pasien jika dokter menggunakan empati dalam berkomunikasi.