IPOL.ID – Berbagai platform digital saat ini berlomba-lomba menyediakan berbagai fitur menarik bagi para penggunanya. Salah satu fitur yang saat ini banyak digunakan oleh penggunanya adalah fitur jualan, dropshipper dan reseller. Hampir semua platform media sosial saat ini menyediakan fitur tersebut.
Pengguna bisa memanfaatkan fitur jualan di berbagai platform media sosial untuk memulai usaha meskipun tanpa modal. Dengan cakap dan paham akan penggunaan fitur-fitur tersebut akan memberikan kemudahan bagi kita untuk memulai berbagai peluang usaha yang ada disana.
Chief Marketing Officer PT. Cipta Manusia Annisa Choiriyah usaha tanpa modal yang paling mudah dimulai adalah menjadi dropshipper. “Kita hanya menjadi penghubung antara penjual yang memiliki produk dengan pembeli. Tugas kita hanya menawarkan produk mereka dan pastinya kita akan mendapatkan keuntungan dari produk yang terjual,” katanya dalam diskusi online bertema “Peluang Usaha Tanpa Modal di Era Digital”, Rabu (12/10).
Sementara, CEO Pena Enterprise, Zul Ashary mengatakan, usaha yang menjadi favorit pengguna media sosial saat ini adalah menjadi influencer. “Dengan memiliki pengikut yang banyak di pengikut di media sosial bisa kita manfaatkan sebagai peluang usaha. Kita bisa menjadi reseller, mengiklankan produk bahkan menjual produk kita sendiri terutama kepada follower media sosial kita”, jelasnya.
Branding positif di media sosial sangat penting jika kita ingin membuka peluang usaha dengan menjadi influencer di media sosial. “Jika citra kita positif di media sosial, maka akan banyak orang menggunakan jasa kita sebagai influencer untuk promosi produk mereka. Saat ini yang alasan paling banyak orang ingin membeli produk adalah rekomendasi orang lain, salah satunya lewat review dari influencer,” ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, Founder Digital Marketing Duaide.com Desty Dwiyanasari mengatakan, untuk bisa sukses usaha di ruang digital harus terus mengasah skill dan kreatifitas. “Kita harus melatih kemampuan komunikasi agar bisa membangun networking yang luas, harus kreatif dan memiliki ide yang out of the box, bahasa asing yang baik, serta kemampuan dalam menyelesaikan masalah”, jelasnya.
Saat ini sudah banyak influencer yang memasuki media sosial. Nah ntuk bisa bersaing kita harus bisa mengoptimalkan skill dan ide yang berbeda.
“Produksi konten dengan ide yang berbeda dari orang lain, edukatif, lucu serta unik. Konsisten dalam produksi konten dan promosi serta ikuti tren yang lagi hangat diperbincangkan agar bisa menjadi influencer yang sukses,” ungkap Desty.
Entrepreneur Nuril Baskan menambahkan, untuk memulai usaha di media sosial tanpa modal harus tau dulu mau diarahkan kemana bisnis tersebut. “Sebelum memulai usaha lakukan terlebih dahulu market research, target market yang akan dituju serta platform media sosial apa yang akan kita gunakan nantinya,” sarannya. (ahmad)