Namun, efek hiperpersonal tidak mungkin terjadi ketika orang tidak saling percaya. Dan di dunia media sosial yang terkadang rumit, ketidakpercayaan adalah kemungkinan yang nyata.
Solusi bagi individu untuk membangun kepercayaan adalah dengan membuka dan mendengarkan orang lain yang mungkin tidak relevan dan setuju untuk belajar dari mereka, sehingga memungkinkan individu untuk memperluas pengetahuan mereka dan belajar dari satu sama lain, sehingga meningkatkan kesadaran dan pencerahan untuk keuntungan bersama (Webster dan Jual).
Sementara itu, salah satu ciri dari melimpahnya informasi di media sosial adalah kemampuan untuk menambahkan informasi pada informasi yang telah disampaikan orang lain dalam aplikasi. Pengguna lain di aplikasi yang sama dapat melengkapi atau bahkan bertentangan dengan pandangannya.
Di Instagram, informasi tambahan dapat mengomentari gambar; di Facebook, teman dapat menandai pengguna lain dalam pembaruan status dan video; di LinkedIn, orang dapat memberikan jaminan tentang keterampilan kerja rekan kerja.