IPOL.ID – PT Transportasi Jakarta terus berupaya untuk meningkatkan standar pelayanan minimal (SPM) di berbagai sektor. Salah satunya, Transjakarta menambah ribuan Petugas Layanan Operasi (PLO) yang terus dilatih memberikan pelayanan mumpuni.
Sejak Oktober 2022, Transjakarta memberikan pelatihan PLO kepada 3.379 orang. Ada enam modul yang dibahas dalam training para PLO, yang mencakup pelatihan teknis dan soft skill.
“Pada aspek soft skill dilatih komunikasi asertif agar dapat mengenali karakteristik pelanggan dan bagaimana sikap yang tepat melayaninya. Pada aspek teknis diajarkan grooming untuk menjaga standar busana dan atribut Transjakarta,” ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor Sabtu (19/11/2022).
Selain itu, ucapnya, diajarkan pula product knowledge, SPM (Standar Pelayanan Minimal), SOP, serta penanganan darurat termasuk pencopetan dan pelecehan seksual. Pada aspek teknis PLO juga dibekali cara menangani komplain pelanggan serta melayani disabilitas.