Dalam lima tahun terakhir, Midtrans telah mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembayaran online hingga 70%.
Payment gateway atau gerbang pembayaran merupakan layanan elektronik, menghubungkan penyedia layanan pembayaran seperti bank dengan merchant atau pelaku usaha. Sebagai penyelenggara payment gateway berizin dan diawasi Bank Indonesia, Midtrans tak hanya memberikan layanan pembayaran komprehensif, tetapi terus mendorong perkembangan bisnis dari berbagai skala.
“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia,” ungkap Dea.
Berikut tren transaksi digital lain yang tercatat oleh Midtrans di tahun 2022:
1. Tak Hanya Harbolnas, Transaksi Online Meningkat Pada Momen Gajian. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) di 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Momen Harbolnas dan festival belanja online serupa menjadi ajang menarik bagi konsumen belanja berbagai macam kebutuhan lewat platform digital.