IPOL.ID – Perusahaan bangkrut bisa dirasakan oleh semua pengusaha yang sedang merintis, maupun yang sedang di puncak kejayaannya. Apalagi di masa pandemi, cukup banyak perusahaan yang mengalami kebangkrutan hingga terpaksa menutup perusahaannya.
Namun, berbeda dengan Muscle First, brand suplemen yang malah justru kian diminati di masa pandemi Covid-19. Brand berhasil melewati masa-masa berat berkat strategi yang telah dilakukan untuk membangun Muscle First.
Clinton Augusto Kartawijaya, Founder sekaligus Chief Marketing Officer (CMO) Muscle First tersebut, memang sudah memiliki pengalaman berbisnis sejak usia muda. Berasal dari keluarga dengan perekonomian terbatas tidak menghalangi Clinton untuk merubah hidupnya menjadi lebih baik.
Dia mulai berjualan kecil-kecilan sejak dibangku sekolah SMP hingga SMA, mulai dari berjualan baju second (thrift), mouse gaming, kartu maximum tune, casing gawai, hingga suplemen kebugaran.
“Pas awal saya memulai bisnis dulu, saya pikir bisa meng-handle semua itu sendiri tanpa orang lain seperti urusan operasional, manage penjualan, packing, anterin paket, cetak resi, pembukuan, dan lain-lain,” kata pria yang akrab dipanggil Clint