IPOL.ID – Pintar Ventura Gruop (PVG) meluncurkan Posy Resto. Sistem digital ini merupakan sebuah mekanisme POS (point of sales) khusus untuk para pemilik usaha restora. Dirancang untuk memudahkan dan mengefisienkan operasional, serta memberikan pengalaman pelanggan restoran lebih nyaman.
PVG sendiri merupakan sebuah perusahaan pengembang fintech start-up Indonesia. “Posy Resto adalah game-changer untuk pasar restoran Indonesia karena menawarkan perspektif baru tentang cara restoran berkomunikasi dengan klien mereka,” ujar CEO PVG, Vlad Ayukaev dalam siaran pers yang diterima redaksi ipol.id pada Kamis (27/4/23).
Vlad menyatakan bahwa industri restoran di Indonesia menghadapi tantangan yang cukup signifikan yang mempengaruhi ke profit bisnis mereka. Seperti pesanan yang tertunda, ketidakakuratan layanan, dan retensi pelanggan yang buruk. Berdasarkan hasil survei tim Posy Resto ke berbagai restoran di Jabodetabek khususnya, 73 persen pelanggan mengalami keterlambatan pesanan dan 65 persen pelanggan tidak mungkin kembali ke restoran karena pelayanan yang buruk. Akibatnya, restoran kehilangan pendapatan Rp195 juta per bulan.
Posy Resto bertujuan untuk mengatasi tantangan tersebut dengan memungkinkan restoran untuk melayani pelanggan mereka secara langsung dengan menu web yang disusun secara otomatis berdasarkan sistem manajemen makanan POS. Sistem ini menawarkan beberapa keuntungan, seperti mengurangi waktu tunggu, meningkatkan akurasi pesanan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Posy Resto sendiri merupakan solusi digital dalam kemudahan mengelola bisnis restoran. Dengan sistem tersebut, memungkinkan pengunjung memesan dan membayar langsung dari perangkat seluler mereka, yang kemudian diteruskan ke restaurant untuk disiapkan.
Yang membuat Posy Resto begitu unik di antara para pesaingnya adalah fokusnya pada penyederhanaan proses pemesanan dan pembayaran. Sistem ini mudah digunakan dan klien tidak harus mengunduh perangkat lunak atau aplikasi tambahan apa pun. Selain itu, menu visual merupakan komponen penting dari Posy Resto, yang memberikan gambar makanan yang menarik, sehingga meningkatkan penjualan dan membantu pemesanan lebih cepat dan lancar.
“Posy memberikan kontrol lebih kepada tim resto daripada pesaing kami. Tujuan akhir kami adalah membuat solusi satu atap untuk bisnis F&B untuk mengelola bisnis mereka dan ujung yang menghadap pelanggan dalam satu aplikasi, sambil menyajikan makanan dengan pengalaman pemesanan, pembayaran, dan pelacakan terbaik,” tambah CEO PVG, Vlad Ayukaev.
Misi PVG adalah berkontribusi pada digitalisasi UMKM dan seluruh perekonomian Indonesia melalui produk keuangan digital yang inovatif. Selain Posy, perusahaan sedang mengembangkan aplikasi lain mereka yaitu aplikasi pembayaran Klikoo B2B yang menyatukan lebih dari 80 ribu merchant dan mitra.
Posy Resto hanyalah awal dari pengembangan produk, dengan rencana untuk menyertakan fungsi fitur lainnya, pelacakan inventaris, dan terintegrasi dengan sistem kasir online dan pengiriman tambahan. Membantu restoran menyederhanakan operasi mereka dan meningkatkan pengalaman kepuasan pelanggan lebih besar. Posy Resto memiliki potensi untuk berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan industri restoran Indonesia. (timur)