*Sistem Tertib Antri*
Selain itu, dalam menyikapi peningkatan jumlah penumpang, ASDP menerapkan sistem tertib antri yang telah disosialisasikan kepada masyarakat. Pengguna jasa dapat menghubungi Customer Service melalui Whatsapp terlebih dahulu untuk mengecek ketersediaan kuota kapal dan tanggal keberangkatan. Setelah itu, pengguna jasa akan mendapatkan konfirmasi dan nomor antrian untuk keberangkatan penyeberangan.
“Dengan adanya sistem ini, ASDP mengurangi operasi calo yang kerap merugikan penumpang. Apalagi, selama masa angkutan lebaran, kesadaran masyarakat khususnya di daerah Batam terhadap transformasi digital meningkat, dan mereka sangat mengapresiasi sistem antrian ini,” ujarnya menambahkan.
Sistem antrian yang diterapkan ASDP Batam ini mendapat apresiasi dari Gubernur Kepulauan Riau, Kapolda, serta BPTD yang menganggap dengan adanya sistem tersebut arus mudik dan arus balik di pelabuhan menjadi lebih lancar dan tertib.
ASDP Batam bersama BPTD berkomitmen untuk terus melayani para penumpang menyeberangi lintasan baik antar provinsi maupun antar kota dalam provinsi. Demi memastikan keselamatan penumpang, pihak ASDP juga telah bekerja sama dengan TNI Polri, Dishub, Pemadam Kebakaran, Kesehatan, BPTD, dan pihak terkait lainnya dalam menyediakan posko gabungan.