Salah satu “alat” dalam transformasi digital ini adalah Aplikasi Mobile JKN, yang merupakan salah satu kanal yang berpengaruh besar dalam peningkatan mutu layanan kepesertaan. Dengan Mobile JKN, peserta JKN bisa lebih mudah mengoperasikan sendiri kebutuhan pribadi mereka hanya dalam genggaman tangan, yaitu melalui smartphone masing-masing pengguna.
Mulai dari cek jadwal dokter, reservasi dengan pengambilan nomor pendaftaran antrean online, ubah lokasi fasilitas kesehatan, hingga pengajuan Program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab). Pemanfaatan Mobile JKN ini diharapkan dapat diimplementasikan oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga semua mendapatkan pelayanan dan manfaat yang setara.
Fitria turut menyampaikan bagaimana besar dan pentingnya peran media massa sebagai wadah informasi bagi khalayak luas di luar, sehingga diharapkan seluruh masyarakat yang bukan hanya di wilayah Jakarta Barat bisa mendapatkan pemahaman seutuhnya dan merasakan manfaat yang sama.
Dengan upaya yang beriringan antara BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat dengan rekan media ini, Fitria mengharapkan pengimplementasian sistem yang terintegrasi ini akan lebih mudah tersampaikan kepada masyarakat. Ajang silaturahmi bersama rekan media kali ini juga diselenggarakan demi terjalinnya kerja sama yang lebih baik kedepannya, sehingga diharapkan tidak adanya mispersepsi terhadap alur pelayanan di fasilitas kesehatan. (ahmad)