Salah satu cara untuk membangun persepsi positif adalah penyebaran pesan perusahaan dengan konsep penyampaian cerita (storytelling). Hal itu dibahas dalam sesi workshop bertema “The Power of Words: Harnessing Storytelling and Editorial Planning for Maximum Impact” yang diampu oleh Wisnu Nugroho selaku Pemimpin Redaksi Kompas.com.
Wisnu mengatakan, kekuatan kata dan alur saja dalam storytelling tidaklah cukup. Diperlukan agenda setting yang kuat dan berkala, serta melibatkan peran media agar menayangkan berita sesuai pesan perusahaan untuk mendapat dampak yang maksimal.
“Jadi jika press release Anda ga naik di media, coba perhatikan lagi cara menulisnya, ada salah satu dari 10 elemen utama ga, seperti magnitude, impact, significant, actual, prominence, proximity, conflict, uniqueness, human interest, sex,” paparnya.
Selanjutnya di sesi workshop bertema “Innovative Content Creation: Unleashing Your Creative Potential”, content creator, Andovi da Lopez, mengungkapkan bahwa ide penyampaian pesan harus efektif dan engaging segmen publik yang disasar, dengan memperhatikan beberapa aspek. Kreativitas menjadi kunci dalam mengomunikasikan brand, identitas, dan pesan perusahaan.