First Winner FedEx Express/Junior Achievement International Trade Challenge (FedEx / JA ITC) 2023 Indonesia Final. SMA IAS AL-JANNAH, Alfa Meidina Bangwasan (atas) dan Tsakif Ammar Sakti (bawah)
Foto: dok. Fedex
SHARE
IPOL.ID - FedEx Express (FedEx), anak perusahaan FedEx Corp. (NYSE: FDX) dan salah satu perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, mengumumkan enam pemenang Final Indonesia FedEx Express/Junior Achievement International Trade Challenge (FedEx / JA ITC) 2023. FedEx / JA ITC mendorong peningkatan wawasan bisnis melalui kerjasama dalam tim dan materi pembelajaran. Para pemenang mengikuti lokakarya perdagangan lokal dan berkompetisi dengan 7 tim lainnya dalam kompetisi lokal.Enam siswa/i yang akan mewakilkan Indonesia di tingkat regional adalah:
1. Tim : Sustainesia Nama siswa/i : Alfa Meidina Bangwasan Tsakif Ammar Sakti Sekolah : SMA IAS AL-JANNAH Produk yang dipresentasikan :Tarabrew, kopi yang bersumber dari bahan berkelanjutan Nama merek : Sustainesia
2. Tim : Dirandra Pandega Nama siswa/I : Sekenata Debit Herawibi Cahyani Hikmah Wifaqi Sekolah : SMAN 1 Wonosobo Produk yang dipresentasikan : Busa biodegradable terbuat dari sabut kelapa dan tepung jagung Nama merek : Cofoam
3. Tim : The Visionary Nama siswa/I : Angela Faye Harijanto Elyshia Alodia Binarto Sekolah : SMAS Karangturi Semarang Produk yang dipresentasikan : Kemasan berkelanjutan yang terbuat dari batang pisang Nama merek : BeLeaf
Untuk mendorong pemikiran kolaboratif dan munculnya beragam ide dari latar belakang budaya yang berbeda, keenam pemenang dari Indonesia akan berkolaborasi dengan siswa/i dari pasar Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika (AMEA) lainnya di final regional Asia Pacific International Trade Challenge 2023 pada bulan Agustus. Pembentukan kolaborasi tim memungkinkan para kontestan untuk bertukar pengalaman dengan siswa/i dari Hong Kong, India, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, mendapatkan perspektif global, serta saling curah pendapat untuk mencapai tujuan bersama.
Program 2023 diselenggarakan secara virtual dengan dua lokakarya yang dihadiri oleh 200 siswa/i untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang perdagangan global dan memperoleh keterampilan untuk mempersiapkan rencana strategi pemasaran yang komprehensif. Para siswa/i ditantang mengembangkan alternatif berkelanjutan untuk produk sekali pakai pilihan mereka dengan tujuan pasar Afrika Selatan. Hal ini selaras dengan pendekatan FedEx untuk "mengurangi, mengganti, dan merevolusi" di seluruh aktivitas bisnis untuk meminimalkan dampak lingkungan dan memberikan nilai tambah.
"Kami percaya akan dampak kewirausahaan terhadap perekonomian masa depan dan kami berkomitmen untuk menghubungkan generasi muda Indonesia dengan berbagai peluang perdagangan internasional. Saya bangga dengan apa yang telah kita lihat dalam tiga tahun terakhir dari program ITC di negara ini, dan saya berharap acara tahunan ini akan menarik lebih banyak talenta muda untuk bergabung dan membawa perubahan positif bagi komunitas mereka," ujar Garrick Thompson, Managing Director, FedEx Express Indonesia.Sejak diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2021, FedEx/JA ITC terus memperkuat komitmennya untuk membantu para siswa/i agar lebih memahami situasi perdagangan internasional melalui kerjasama tim dan materi pembelajaran di Indonesia. Program ini telah menarik lebih dari 670 siswa dengan 12 siswa yang mewakili Indonesia di final Regional.Informasi lebih lanjut tentang FedEx/JA ITC 2023 dapat ditemukan di Situs Web JA Indonesia https://www.prestasijunior.org/ (Yuli)