IPOL.ID – Startup layanan pangan yang berfokus pada B2B, EdenFarm berkolaborasi dengan Campaign dan Food Cycle Indonesia (FCI) mengambil langkah inovatif dalam menekan angka food waste.
Isu food waste tidak dapat dipandang sebelah mata mengingat food waste memberikan dampak yang luar biasa besar baik terhadap lingkungan, sosial maupun ekonomi.
Secara global, food waste menimbulkan 4,4 giga ton emisi karbon, dan meningkatkan risiko kelangkaan air, erosi tanah, hilangnya keanekaragaman hayati dan risiko biodiversitas.
Berangkat dari isu tersebut, EdenFarm dan FCI mengajak masyarakat untuk berkontribusi dalam mengurangi food waste melalui kampanye dalam aplikasi Campaign #ForChange.
Sebanyak 214 pengguna aplikasi Campaign #ForChange telah berpartisipasi dengan mengambil foto piring bekas makan yang bersih tanpa sisa, sebagai bentuk ajakan mencegah food waste.
Kampanye itu berhasil meng-unlock donasi senilai Rp10.000.000 dari EdenFarm untuk mendukung keperluan logistik FCI. Baik dalam menyalurkan makanan kepada mereka membutuhkan di kawasan Jabodetabek, untuk mencegah stunting dan berkontribusi dalam ketahanan pangan.