Tak hanya untuk mempermudah proses pengurusan administrasi kepesertaan, Aplikasi Mobile JKN juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, contohnya melalui fitur konsultasi dokter yang memungkinkan peserta untuk berkonsultasi melalui live chat dengan dokter tentang kondisi kesehatannya, kemudian fitur pendaftaran pelayanan yang berfungsi sebagai alat bantu untuk mengambil antrean secara online, serta fitur pengecekan ketersediaan tempat tidur pada fasilitas kesehatan.
”Semua fiturnya sudah sangat sesuai dengan keperluan peserta, terutama yang menjadi perhatian saya adalah fitur pendaftaran pelayanan yang bisa digunakan untuk mengambil antrean secara online, disini peserta bisa mengatur secara mandiri kapan waktunya harus datang ke fasilitas kesehatan, fitur ini merupakan jawaban bagi peserta yang kerap mengeluhkan lamanya waktu tunggu saat berobat pakai BPJS Kesehatan,” tambah Nabila.
Nabila menyebut pemanfaatan fitur pendaftaran pelayanan pada Aplikasi Mobile JKN cukup sederhana dan mudah untuk digunakan. Pertama-tama peserta tentunya harus mengunduh aplikasi pada smartphone dan mendaftarkan nomor kartu JKN miliknya, setelah berhasil masuk pada halaman utama pilih menu pendaftaran pelayanan dan tentukan jenis fasilitas kesehatan, selanjutnya lengkapi pendaftaran dengan memilih poli yang dituju, tanggal kunjungan dan jadwal poli, serta mengisi keluhan kesehatan yang dialami.