IPOL.ID – Shopee terus dukung produk lokal agar bisa Go Internasional. Dengan hadirkan kampus UMKM Shopee Ekspor yang sudah berjalan tiga tahun belakangan ini dan tersebar di 10 kota yang ada di Indonesia.
Program tersebut guna mendukung UMKM untuk terus maju dan dikenal seluruh manca negara. Pelatihan serentak digelar secara langsung dan diikuti oleh 1.000 UMKM di Solo,
Bandung, Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Malang, Makassar, dan Denpasar.
Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam konferensi pers mengatakan, hari ini kita bersama-sama memulai Gerakan Ekspor UMKM Shopee serentak sepuluh kota dengan memberikan pelatihan ekspor bagi 1.000 UMKM secara berbarengan di sepuluh kota.
Pelatihan dan program baru ini juga diharapkan dapat membuka akses pasar ekspor bagi produk UMKM lokal, menyusul lebih dari 20 juta produk lokal yang kini sudah tergabung dalam Program Ekspor Shopee dan dapat dibeli di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.
“Kami melihat secara langsung besarnya antusiasme pelaku UMKM yang ingin terus berkembang dengan mengikuti pelatihan yang kami berikan. Dalam 2 tahun terakhir, jumlah UMKM terlatih di Kampus UMKM Shopee meningkat 2x lipat dan jumlah produk UMKM yang diekspor konsisten mencapai jutaan produk setiap bulannya,” ujar Handika.
Handhika selaku Direktur Eksekutif Shopee juga mengatakan akan membuka siapapun yang ingin berkolaborasi agar UMKM lokal Indonesia semakin maju dan dikenal manca negara.
Data Kementerian Koperasi dan UKM RI pada September 2022 menyebutkan bahwa kontribusi ekspor dari UMKM hanya sebesar 15,7% dan punya potensi besar untuk ditingkatkan.
Director and Country Head Sea Group Indonesia, Kiky Hapsari menjelaskan Sea Group selaku perusahaan induk Shopee memiliki komitmen untuk mengembangkan dan memperkuat UMKM lokal.
“Sejalan dengan komitmen Sea Group, kami terus berusaha memberikan kemudahan akses melalui jaringan global dan teknologi kami, salah satunya adalah membuka akses ekspor yang membantu UMKM lokal dapat juga bersaing di panggung dunia. Tujuan dari gerakan ini adalah membuka ruang kolaborasi dengan pihak-pihak yang memiliki program penguatan untuk UMKM juga bisa memanfaatkan fasilitas yang dimiliki Shopee di 10 Kota,” ujar Kiky Hapsari, Rabu (26/7).
Bimbel Shopee Ekspor adalah program baru berupa pendampingan intensif lanjutan bagi UMKM terpilih nan telah mengikuti training di Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.
Pelaku UMKM bakal diberikan pendampingan secara daring untuk mempersiapkan toko mereka agar bisa mengikuti Program Ekspor Shopee dengan lebih mudah. (Vinolla)