IPOL.ID – Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023) berlangsung meriah. Acara ini sendiri merupakan kegiatan akhir dari rangkaian salah satu Program Unggulan Kemenparekraf “Apresiasi Kreasi Indonesia 2023” yang sudah berlangsung sejak Jumat, 8 September 2023.
Mengusung tema “COLLABORATION SEASON”, Pekan Puncak AKI 2023 menjadi bukti nyata bagaimana sebuah kolaborasi bisa membantu meningkatkan nilai sebuah produk dan karya danmembentuk kekuatan baru untuk menghadapi tantangan yang datang.
“Total transaksi dari kegiatan ini hampir mencapai 400 juta dengan total lebih dari 5.300 pengunjung. Kita akan bertemu lagi pada pelaksanaan Apresiasi Kreasi Indonesia 2024” Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam sambutannya.
Selama tiga hari pelaksanaan Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia 2023 setidaknya hadir 16 booth dengan UMKM Kreatif terbaik dari peserta AKI 2023 se-Indonesia, kolaborasi bazar kulinerdari Alumni AKI 2021 dan 2022, juga program Kemenparekraf lainnya. Selain itu lebih dari 15 komunitas bidang kreatif turut meramaikan acara, serta penampilan musik artis nasional: AYUTING TING, LYODRA X TITI DJ, ANDIEN X DISKORIA, SMASH X CHERRYBELLE, VIERRATALLE, PADI, DAN CLUB DANGDUT RACUN.
Program Kemenparekraf ini diharapkan bisa menjadi wadah promosi yang maksimal untuk produk dan karya terpilih, sehingga pendampatan akan meningkat dan UMKM Kreatif naik kelas.
“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berkolaborasi. Terima kasih kepada: Astragraphia, Bank DKI, Bioskop Online Indonesia”, ujar Sandiaga Salahuddin Uno. Sebagai pendamping dalam acara tersebut hadir juga Muhammad Neil El Himam (Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif) dan Hariyanto (Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur).
Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) sendiri merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik, yang akan diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia. Program ini diharapkan hadir untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia naik kelas dan percepatan pertumbuhan ekonomi, dengan tema yang diangkat “PRODUK INDONESIA UNTUK EKONOMI KUAT”.
Tujuan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) diantaranya memberikan kontribusi eonomimelalui ekonomi kreatif pasca pandemi, mencari & menciptakan “ikon” produk ekraf baru yang bisa melekat di masyarakat, bahkan bisa mendunia, dan mendorong daya beli masyarakat dan mendukung kampanye pemerintah #BanggaBuatanIndonesia. Adapun manfaat yang bisa dirasakan peserta adalah membangun jejaring dan database, produk atau karya terpublikasikan, dan memperluas pangsa pasar.
Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 terdiri dari dua agenda utama: Bootcamp (peningkatan kapasitas) dan Pameran (menampilkan dan transaksi jual beli produk kreatif). Pelaksanaan program ini berada di 16 Kota/Kabupaten Indonesia, yang terdiri dari: Jakarta – Karawang – Sukabumi – Situbondo – Mojokerto – Kudus – Purwokerto – Kupang – Bengkulu – Bangka – Batam – Samarinda – Palangkaraya – Manado – Gorontalo – Jayapura.
Finalis Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 merupakan hasil dari kurasi dengan total pendaftar7.041, dengan total finalis datang dari 16 Kabupaten/Kota adalah 428 peserta yang terdiri dari beragam subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik.
Tahun ini Apresiasi Kreasi Indonesia 2023 menjalin kolaborasi dengan Mitra Strategis, tentu dengan harapan, kolaborasi ini bisa memberikan nilai dan manfaat tambahan bagi para finalis AKI 2023. Para mitra itu di antaranya adalah:
BANK DKI SYARIAH
Bank DKI Syariah memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif AKI 2023, melalui Apresiasi Modal Usaha senilai Rp20.000.000,- yang akan diberikan pada saat Pekan Puncak AKI 2023.
PT ASTRAGRAPHIA TBK
Bergerak dibidang bisnis Printing dan Digital Services, PT Astragraphia Tbk memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif AKI 2023 melalui konsultasi design dan voucher gratis cetak kemasan untuk seluruh peserta AKI 2023 di 16 kota/kabupaten, jasa konsultasi, dan dana apresiasi sebesar Rp10.000.000. Sehingga total apresiasi senilai Rp200.000.000,-
BIOSKOP ONLINE INDONESIA
Platform penayangan film Indonesia secara streaming, yang memberikan manfaat kepada peserta AKI 2023 subsektor film, yaitu kesempatan untuk 3 film pendek lokal peserta AKI dapat tayang dan bekerjasama dengan Bioskop Online Indonesia.
Ada pun daftar booth pada Pekan Puncak AKI 2023 antara lain:
16 Booth Peserta AKI terbaik
1. Jakarta – Kriya – Little Margo Katapult
2. Situbondo – Kriya – Maringrang Arts
3. Kudus – Kriya – Eboni Watch
4. Purwokerto – Fesyen – Sae Sae Ecofashion
5. Mojokerto – Fesyen – Ulur Wiji
6. Batam – Fesyen – Ija Kroeng
7. Jayapura – Fesyen – Saolethea
8. Palangkaraya – Fesyen – Indang Apang Galeri
9. Karawang – Fesyen – Heaven Lights by ZB
10. Sukabumi – Fesyen – Sanaya by Shafa
11. Bangka – Kuliner – Mirrando Food and Beverages
12. Kupang – Kuliner – Opa Rote
13. Bengkulu – KUliner – Pempek Balap
14. Gorontalo – Ghidza Sasuke
15. Samarinda – Aplikasi/Gmaes – Ciroes
16. Manado – APlikasi/Games – Big Dede Studio
7 Booth Kolaborasi Program Kemenparekraf Inkubasi & Desa Kreatif:
Inkubasi Fesyen
2 Inkubasi Kriya Souvenir
Inkubasi Kriya Wastra
Desain Produk X DKV X Desain Interior X Arsitektur
Inkubasi Kuliner
Desa Kreatif
15 booth bazar kuliner – kolaborasi peserta AKI 2021-2022 & produk lokal lainnya:
1. Cokelatin Signature
2. Egg Royale
3. Dawet Kemayu
4. Bosteak
5. Sila Tea House
6. Dreampuff
7. Djawi Sambal
8. Gudeg Wijilan Bu Lies
9. Obu Djamoe
10. Chao Dimsum
11. Orvia
12. Yamato Ramen
13. Warung Nasi Goreng – Kebuli Pak Eko
14. Baso Aci Moikafood
15. GOCOCO