IPOL.ID – McDonald’s Indonesia kembali menggelar kegiatan ‘Community Month’ atau Bulan Komunitas. Mendorong karyawan McDonald’s, atau disebut McFamily, berinisiatif terjun langsung ke masyarakat.
Serentak aksi sosial itu melibatkan 255 karyawan McDonald’s Indonesia melalui beragam kegiatan sukarelawan menjangkau 3.221 anak usia 6 sampai 17 tahun dan 468 orang tua atau pengasuh mereka, serta mendonasikan lebih dari 3.700 paket makanan.
Pertama kali diinisiasi pada Tahun 2022, Community Month bagian dari proses pengembangan diri McFamily untuk membangun rasa kepedulian dan empati mereka sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat.
Aksi volunteering melibatkan ratusan karyawan McDonald’s Indonesia mulai dari jajaran staf hingga top manajemen meliputi berbagai kegiatan literasi dan edukasi untuk pengembangan potensi diri anak-anak Indonesia.
Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Meta Rostiawati, menyampaikan, pihaknya senang dapat menyelenggarakan kembali ‘Community Month’ sebagai bentuk ungkapan terima kasih sekaligus partisipasi aktif karyawan memberi dampak bagi komunitas restoran McDonald’s berada.
“Jadi masih dalam semangat giving back dan berbagi kebahagiaan, jika tahun lalu kami berfokus pada peningkatan kualitas literasi anak Indonesia, pada kegiatan ‘Community Month’ tahun ini kami juga menjalankan berbagai aktivitas lain, membantu mengasah keterampilan anak dan membantu perkembangan mereka,” kata Meta di Jakarta, Rabu (11/10).
Demi memberikan dampak lebih besar dan menjangkau lebih banyak anak-anak, salah satu kegiatan volunteering tahun ini juga merupakan pengembangan Inspirasi Literasi McD.
Diinisiasi McDonald’s Indonesia untuk mendorong tingkat literasi anak di Tanah Air melalui berbagai aktivitas, seperti donasi buku bacaan dan merenovasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM).
Kegiatan turunan Inspirasi Literasi McD mengajak McFamily menjadi fasilitator untuk memberikan pembelajaran seputar pengembangan potensi diri kepada hampir 100 anak marginal di bawah naungan Inspiration Factory Foundation, sebuah lembaga non-profit untuk pemberdayaan anak-anak marginal melalui pendidikan abad ke-21 dan sosial emosional, di area Jembatan III, Pluit, Jakarta Utara.
Selain bekerja sama dengan Inspiration Factory Foundation, McDonald’s juga melakukan edukasi mengenai sopan santun dan kebersihan kepada lebih dari 2.900 anak-anak panti asuhan. Sambil menjamu mereka di 53 restoran McDonald’s di 24 kota di Indonesia.
“McDonald’s juga mengajak adik-adik dari Rumah Baca Zhaffa, atau dikenal sebagai McD Library, berlokasi di Manggarai, Jakarta Selatan, untuk bermain sambil mengasah keterampilan membuat mainan edukasi,” terang Meta.
Tak hanya anak-anak, Community Month tahun ini juga menjangkau para orang tua. Dalam kegiatan pelayanan kesehatan terpadu dan imunisasi diinisiasi oleh Ronald McDonald Care Mobile di Kelurahan Kalibaru, Jakarta Utara, para relawan McFamily memberikan edukasi mengenai gizi seimbang kepada Ibu-Ibu serta membagikan sejumlah paket makanan dan buku.
Sementara, di Ronald McDonald House Lebak Bulus, selain berbagi kebahagiaan bersama para pasien anak yang tinggal rumah singgah, karyawan McDonald’s juga menyampaikan informasi seputar gizi dan makanan sehat, diikuti aktivitas memasak bersama para orang tua dan pengasuh anak.
Tak lupa juga, salah satu global value McDonald’s, yaitu Community. Melalui kegiatan ‘Community Month’, pihaknya dapat berinteraksi langsung dengan anak-anak setempat, melatih empati, dan mengingatkan mereka untuk selalu memberi yang terbaik kepada seluruh pencinta McDonald’s yang datang dari berbagai latar belakang.
“Sesuai nilai utama kami, keluarga dan anak-anak adalah bagian tak terpisahkan dari McDonald’s. Kami berupaya berkontribusi kepada anak-anak di seluruh Indonesia, mengajak McFamily menjadi sukarelawan dalam berbagai kegiatan. Rangkaian kegiatan merupakan gambaran komitmen McDonald’s menjadi perusahaan berfokus pada agen perubahan sosial. Ke depan, kami berharap kegiatan dapat terus dilaksanakan secara rutin, memberi dampak lebih besar ke masyarakat,” tambah Meta.
Sementara itu, Associate Director of HR & GS McDonald’s Indonesia, Yan Wibisono berkesempatan menjadi salah satu relawan mengapresiasi kegiatan sosial itu. Lantaran selain sejalan terhadap nilai dan budaya perusahaan, juga menjadi pengingat untuk selalu berbagi kebahagiaan kepada sesama.
“Saya sangat senang dapat berpartisipasi dalam ‘Community Month’ tahun ini. Ini memang sangat relevan dengan budaya dan nilai-nilai perusahaan. Kami diberi kesempatan menerapkan langsung nilai-nilai perusahaan yang selama ini diajarkan, seperti Humble, Humility, dan Humanity,” pungkas Wibisono. (Joesvicar Iqbal)