IPOL.ID – Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia. Hasil survei Badan Pusat Statistik Tahun 2020, Indonesia memiliki angka kelahiran total (total fertility rate/TFR) sebesar 2,15%
Ini artinya satu perempuan melahirkan dua anak pada masa reproduksinya. Tingginya angka kelahiran tersebut berpengaruh pada permintaan produk kebutuhan ibu dan anak.
Setidaknya ada 24,2 juta jiwa anak usia 0-4 tahun di Indonesia. Kebutuhan akan produk ibu dan anak sehari-hari terbilang tinggi, 57% perempuan Indonesia melakukan transaksi Rp500.000 setiap bulannya untuk membeli produk tersebut.
Produk-produk ibu dan anak dengan penjualan tertinggi di e-commerce antara lain susu formula, tisu basah, vitamin bayi dan anak, baby lotion cream, dan sabun bayi (sumber: compass.co.id).
Melihat peluang tersebut, banyak pegiat usaha yang semakin tertarik dalam memulai dan menciptakan peluang bisnis produk ibu dan anak. Sehingga, industri ini terus berinovasi untuk menciptakan dan menyediakan produk yang lebih baik serta nyaman.