“Makanya konsep yang kami gunakan terus terang di sepekan pertama kejadian ini adalah melihat antara kebutuhan dengan ketersediaan barang-barang yang memungkinkan untuk kebutuhan dasar masyarakat di Gaza. Jadi memang dia tidak se-fleksible di situasi sebelumnya,” tambahnya.
Terkait dengan penggalangan dana, Romy juga mengatakan bahwa berdasarkan pengalaman “mengelola isu konflik Palestina yang cukup panjang,” ia menyampaikan perlu adanya persiapan untuk “bantuan-bantuan kemanusiaan yang nanti akan lebih bersifat jangka panjang.”
“Tentu saja kita berharap kan konflik ini selesai, tapi kan di sana sudah banyak gedung yang hancur, anak yang kehilangan orang tuanya, maka kan perlu ada program-program recovery, rehabilitasi yang itu juga sebenarnya penting,” jelasnya.
Fenomena “Fandom”
Istilah fandom atau kelompok penggemar sangat kental diantara para pendukung K-pop, termasuk BTS Army. Hingga kini pengikut BTS di Instagram sudah mencapai 74 juta orang di seluruh dunia.
Studi yang dilakukan oleh Profesor Dae Young Kim, dosen jurusan Sosiologi di George Mason University, di Virginia, AS mengenai dampak dari K-pop yang dirasakan oleh penggemar, serta keterlibatan para penggemar dalam suatu fandom mengatakan, satu hal yang membuat orang senang menjadi penggemar K-pop adalah rasa kebersamaan dalam suatu komunitas, dimana mereka dapat berbagi dan memvalidasi apa yang mereka gemari, khususnya ketika distigmatisasi oleh anggota keluarga mereka dan yang bukan penggemar.