IPOL.ID – Lembaga survei Indexpolitica Indonesia merilis survei persepsi masyarakat terhadap Pemilu 2024. Untuk pemilihan presiden (pilpres) diperkirakan akan berlangsung dua putaran.
Hasil survei Indexpolitica Indonesia menunjukkan, elektabilitas pasangan capres-cawapresn Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka unggul di angka 47,19 persen.
Kemudian disusul Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar 27,62 persen dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD sebesar 25,18 persen.
“Kemungkinan paling besar Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran,” kata Direktur Eksekutif IndexPolitica, Denny Charter dalam keterangannya, Jumat (19/1).
Sementara itu, hasil survei partai politik (parpol), Gerindra menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi yakni 17,12 persen.
Kemudian disusul PDIP dengan 15,62 persen, diikuti Golkar 13,67 persen, dan Partai Demokrat 11,80 persen.
Sementara itu PSI diprediksi juga akan menjadi partai pendatang baru di senayan dengan elektabilitas 4,20 persen.
Indexpolitica juga menyorot kinerja pemerintahan Jokowi – Ma’ruf Amin, dimana 60,04 persen responden merasa puas dan 39,96 persen merasa tidak puas.
Penurunan paling signifikan adalah masalah penegakan hukum, dimana hasil survei IndexPolitica pada tahun 2019 di akhir pemerintahan Jokowi – JK kepuasan terhadap penegakan hukum mencapai 51,15 persen
“Sementara saat ini di akhir pemerintahan Jokowi – Ma’ruf Amin diangka 42,95 persen,” ujarnya.
Survei juga memotret bahwa sosial media menjadi media paling massif mempengaruhi opini Masyarakat terhadap preferensi politik.
Hasil survei menunjukan bahwa 53,55 persen calon pemilih mengenal kandidat melalui konten di sosial media dimana Facebook 17,12 persen, Instagram 13,74 persen, Tiktok 10,28 persen, dan Youtube 9,31 persen.
Porsi media ruang publik seperti spanduk, baliho, dan sticker
hanya diangka 15,50 persen.
Survei ini dilakukan pada 23 Desember 2023 sampai dengan 5 Januari 2024 dengan total jumlah responden 2.300 dengan metode multistage random sampling.
Penghitung statistic menggunakan metoda Slovin dengan Margin Of Error 2,5 persen hingga 3 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.
Pengambiilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka langsung dan wawancara melalui telepon.
Sumber dana survei ini adalah dari Group Holding Index Global., dmcc yang berlokasi di Dubai Uni Emrates Arab sebagai salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari group perusahaan di Indonesia. (far)