IPOL.ID – Selama bulan puasa Ramadan hingga mendekati hari lebaran sudah barang tentu banyak pengeluaran yang tidak terduga dalam rumah tangga. Hal tersebut membuat Emak-emak harus memutar cara supaya isi kantong tetap terjaga dan hemat.
Nah, Inovasi Emak Hemat dari Gojek, penyedia layanan on-demand bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (BEI: GOTO), menjawab kebutuhan pelanggan dengan menawarkan berbagai solusi layanan/fitur Hemat serta promo serentak pada semua layanan Gojek.
Inovasi hemat itu merespon tren perilaku konsumen yang semakin cermat dalam urusan pengeluaran anggaran, terutama di bulan suci Ramadan.
Head of Brand Marketing Gojek, Stella Darmadi mengatakan, sosok Emak atau Ibu seringkali menjadi andalan yang nasihatnya didengar seluruh anggota keluarga, termasuk cara berhemat dalam beragam hal.
“Selayaknya sosok Emak, Gojek menghadirkan program Emak Hemat untuk membantu pelanggan beraktivitas dan memenuhi kebutuhannya dengan tetap hemat dan tanpa ribet,” kata Stella di Jakarta, Sabtu (23/3).
Hadirnya Inovasi Emak Hemat saat Ramadan, lanjut Stella, bertujuan untuk mendukung terpenuhinya kebutuhan masyarakat yang kian meningkat saat momentum bulan suci ini.
Riset Jakpat (2024) menunjukkan sebanyak 49% masyarakat Indonesia berencana untuk mengalokasikan lebih banyak dana untuk Ramadan tahun ini. Meningkatnya alokasi dana tersebut, antara lain untuk membeli barang-barang ibadah, buka bersama, hingga biaya mudik lebaran.
Riset yang sama juga mengungkap bagaimana 93% masyarakat menyatakan online delivery membantu dalam menyiapkan sahur dan berbuka selama Ramadan 2023.
Stella menjelaskan, spesial di bulan puasa ini, Emak Hemat punya jurus jitu berbagi momen di Ramadan, seperti Paket Buka Sekeluarga Rp60 ribuan dan ekstra diskon sampai 35% di GoFood; berbagi kebahagiaan dengan menu Parsel Ramadan GoFood mulai dari Rp40 ribu; hingga Belanja Hemat 7 Hari 7 Malam dan Ekstra Diskon s.d 60% di GoMart.
“Tak hanya itu, untuk mobilitas pelanggan ke acara buka bersama atau pulang ke rumah menikmati momen Ramadan bersama orang-orang terdekat dapat memanfaatkan harga hemat di GoRide mulai dari Rp5 ribu dan GoCar mulai dari Rp9 ribu. Untuk mengirimkan parsel lebaran ke kerabat, dapat lebih hemat dengan promo GoSend Flat Ongkir untuk pengiriman Instant dan Sameday, mulai dari Rp5 ribu,” ujar Stella.
Sementara, CEO dan Lead Financial Trainer QM Financial, Ligwina Hananto mengungkapkan, semakin populernya gaya hidup hemat atau frugal living di kalangan masyarakat kelas menengah saat ini, terutama bagi kelas pekerja dan Ibu rumah tangga. Selain kebutuhan dasar, tidak kalah penting bagi mereka adalah penghargaan diri (self-reward).
“Jadi bijaksana dan lebih strategis dalam mengeluarkan pengeluaran menjadi prioritas,” kata Ligwina.
Menyikapi hal tersebut, Ligwina membagikan beberapa tips gaya hidup hemat yang bisa dilakukan masyarakat, seperti menyusun rencana belanja yang matang, mencari substitusi barang lebih ekonomis, dan memanfaatkan diskon atau layanan hemat dari platform online.
Hal ini sejalan dengan temuan dari riset NielsenIQ (2023) yang menunjukkan hampir 52 persen masyarakat Indonesia mengandalkan teknologi digital dan berbelanja online sebagai salah satu strategi menjaga pengeluaran, termasuk untuk menemukan promo-promo menarik.
Penawaran menarik dari Emak Hemat tidak terbatas untuk Ramadan saja, namun pelanggan tetap dapat menemukan promo-promo menarik serta layanan hemat lainnya. Termasuk penawaran spesial juga bagi pelanggan baru Gojek yang selengkapnya dapat dilihat pada aplikasi Gojek.
Semakin mendukung gaya hidup hemat, Gojek pun menghadirkan kompetisi Emak Hemat Mencari Orang Paling Hemat. Kompetisi ditujukan bagi seluruh pelanggan Gojek, baik pelanggan baru dan setia ini mencari pelanggan paling banyak berhemat.
Untuk pendaftaran dibuka hingga 31 Maret 2024, nantinya 200 pelanggan paling hemat berhak memenangkan hadiah gratis layanan Gojek selama satu tahun penuh.
“Harapan kami, layanan Hemat Gojek dan Jurus Jitu Emak Hemat dapat mendukung masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, terutama di bulan Ramadan. Semakin layanan Hemat Gojek dinikmati pelanggan, maka dapat semakin terjaga juga peluang pendapatan dan produktivitas mitra,” tambah Stella. (Joesvicar Iqbal)