IPOL.ID – Kaspersky telah menemukan skema penipuan baru yang menargetkan pemilik dan staf hotel. Di mana penipu berusaha mencuri kredensial atau menginfeksi komputer dengan malware.
Email palsu tersebut, menyamar sebagai korespondensi dari tamu sebelumnya dan calon tamu, menekankan eksploitasi dalam industri perhotelan pada layanan pelanggan untuk menjerat korban.
Email palsu tersebut meniru pertanyaan atau keluhan sah dari tamu, dikirim ke alamat email publik hotel, atau muncul sebagai permintaan mendesak dari Booking.com untuk menanggapi komentar pengguna yang tidak diawasi. Namun, email tersebut sebenarnya berasal dari penyerang yang bertujuan mengelabui karyawan hotel agar membocorkan kredensial atau melakukan pengunduhan malware.
Penipu membuat email dengan alasan yang masuk akal, membuatnya tampak seperti permintaan atau keluhan pelanggan asli, yang merupakan bagian rutin dari tugas staf hotel. Mengingat berharganya nilai reputasi di sektor perhotelan, staf cenderung untuk segera menanggapi email ini.