Selain itu, kehadiran komunitas juga penting untuk menjaga bahkan memperkuat pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang banyak ditopang oleh UMKM. UMKM berkontribusi sebesar 97 persen ke penciptaan lapangan kerja di Indonesia.
“Saya harap komunitas dapat terus menjadi mitra strategis pemerintah dalam menyosialisasikan berbagai langkah dan upaya kita bersama dalam mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terutama dengan memaksimalkan digitalisasi. Komunitas harus dapat memainkan peran dalam mengisi konten-konten atau narasi positif yang membangun pertumbuhan parekraf menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Sandiaga.
Hal ini diamini oleh Founder sekaligus Chief Executive Officer PR Indonesia, Asmono Wikan. Asmono mengatakan Palembang adalah kota yang kaya akan sejarah, sehingga, hal ini patut dikembangkan oleh komunitas parekraf Palembang.
“Palembang sejak lama dikenal sebagai kota yang punya sejarah panjang. Saya kira ini jadi satu hal menarik yang bisa kita angkat dari Palembang,” kata Asmono.