Lantas, apakah itu berarti kamu harus berubah pikiran? Tentu tidak. Ada banyak tips untuk menyiasatinya. Salah satu di antaranya dengan memiliki empat hal berikut ini.
- Ruang kerja di rumah
Sebagai freelancer, kamu akan menghabiskan sebagian besar waktumu dengan bekerja di rumah. Sebab, tidak mungkin kamu mengeluarkan uang terus-menerus untuk bekerja di kafe atau menyewa co-working space. Berbeda dengan kantor atau co-working space yang didesain khusus untuk bekerja, ruang kerja di rumah perlu diatur sedemikian rupa guna meningkatkan produktivitas kerja dan menghindarkan diri dari hal-hal yang mengganggu konsentrasi. Dengan peralatan serta dekorasi yang tepat, kamu bisa tetap kreatif dan produktif.
- Jadwal kerja
Setelah menciptakan ruang kerja, saatnya kamu mengatur jadwal kerja yang sesuai dengan aktivitas dan kesibukanmu. Fungsi dari jadwal kerja adalah memotivasimu untuk bekerja sesuai dengan deadline. Selain itu, kamu juga bisa memisahkan kehidupan kerja dengan pribadi. Namun, jangan terlalu terpaku dengan jadwal yang telah dibuat. Sesekali kamu boleh mengurangi ataupun menambah jam kerja tergantung kondisi pada hari itu.
- Kehidupan sosial
Ada atau tidak ada proyek, kamu tetap harus meluangkan sebagian waktumu untuk bersosialisasi guna mencari penghasilan baru. Kamu bisa menghadiri acara gathering atau sharing session untuk menjalin relasi. Di luar itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial, seperti LinkedIn, untuk menunjukkan bakat sekaligus memamerkan portfolio.
- Rencana keuangan
Ketika bekerja sebagai freelance, ada berbagai kebutuhan finansial yang harus kamu tanggung sendiri, misalnya pajak penghasilan, tunjangan, hingga asuransi. Oleh karena itu, buat rencana keuangan dengan cermat setiap kali kamu menerima pekerjaan. Pastikan harga yang kamu ajukan sudah mencakup dana yang akan kamu sisihkan untuk pajak, asuransi, tabungan dan juga investasi.