“BPJS Kesehatan telah memberikan kemudahan masyarakat mengakses layanan melalui Aplikasi Mobile JKN, layanan melalui Whatsapp yaitu Pandawa, serta Care
Center di 165. Selain itu kami juga berupaya menyambangi dan menjemput bola dengan BPJS Keliling setiap harinya di 2 tempat yaitu kelurahan. Dengan harapan masyarakat yang memang sulit mengakses layanan di kantor maupun di kanal online bisa terjangkau. Kami juga bekerjasama dengan dasawisma dengan tujuan meningkatkan keaktifan peserta untuk mencegah peserta baru mengurus JKN setelah sakit,” ungkap Ropik.
Saat ini untuk akses layanan kesehatan bagi peserta JKN di wilayah Jakarta Utara sudah sangat mudah. Untuk fasilitas kesehatan, terutama rumah sakit hampir semua sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, sehingga secara aksesibilitas peserta sangat dimudahkan untuk berobat. Tak hanya itu, persyaratan agar peserta JKN dapat berobat cukup dengan menunjukkan NIK. Sehingga dalam Program JKN ini, tidak akan ada hambatan bagi masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan, asalkan dipastikan status kepesertaannya aktif. (ahmad)