3. Tingkatkan pengalaman berbelanja
Berikan pelayanan yang baik dan pengiriman yang tepat waktu. Pelaku UMKM juga perlu membangun komunikasi yang responsif dan persuasif.
“Pengalaman baik yang dirasakan oleh pembeli dapat membuat mereka kembali berbelanja yang tentu berpengaruh terhadap pendapatan,” tambah Dodot.
4. Pastikan kualitas dan persediaan produk cukup
Persiapkan stok produk yang memadai dan pastikan kualitas yang baik. Lakukan pengecekan stok secara rutin dan segera restock produk yang laris manis.
“Bisa juga mempekerjakan tetangga sekitar untuk membantu menyiapkan produk agar tidak kehabisan stok di tengah-tengah ramainya pembeli selama Harbolnas,” ungkap Dodot.
5. Manfaatkan promosi dengan cermat
Diskon dan promosi besar-besaran adalah kunci utama di Harbolnas. Berikan penawaran yang menarik seperti diskon, beli satu gratis satu, atau paket bundling. Namun, tetap perhitungkan margin keuntungan jangan sampai terlalu murah hingga merugi.
Harbolnas menjadi titik balik untuk mendorong lebih banyak pelaku usaha skala rumah tangga untuk bisa memasuki dunia digital dan meraih kesuksesan mengembangkan usaha. Dengan bijak memanfaatkan momentum ini, mereka dapat berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat. (Sol)