IPOL.ID – WATERBOMB Festival pertama kali diselenggarakan pada 2015 lalu di Jamsil Sports Complex, Seoul. Hadir dengan konsep festival musik yang menggunakan air sebagai salah satu pertunjukkannya, menjadikan WATERBOMB Festival sebagai festival musik terbesar dan paling populer di Korea Selatan.
Terkenal dengan perpaduan musik dan pertarungan airnya yang menggembirakan, WATERBOMB Festival telah menjadi representasi klasik dari festival musim panas yang dihiasi sederet rapper, DJ, dan idol K-Pop paling populer dari Korea Selatan.
Kini, WATERBOMB Festival telah berkembang menjadi IP yang signifikan dan berhasil menarik lebih dari 300.000 pengunjung setiap tahunnya tidak hanya di 9 kota di Korea Selatan, tetapi juga di berbagai negara Asia. Berkat meroketnya popularitas WATERBOMB Festival, pada 2023 secara resmi menggelar World Tour di luar Korea Selatan untuk pertama kalinya mulai dari Bangkok dan Jepang hingga menjangkau wilayah Eropa dan Amerika.
Menjelang penghujung tahun 2024, Jakarta, Indonesia menjadi pemberhentian World Tour selanjutnya dari WATERBOMB Festival.
Hadir untuk pertama kalinya di Jakarta, Indonesia, pertunjukan musik Hip-Hop dan EDM (Electronic Dance Music) dengan konsep perang air ini akan menjadi daya tarik baru bagi penikmat festival musik di Indonesia. Paduan visual dengan pesona musik Korea yang enerjik, Hip-Hop yang trendi dan kuat, serta musik dance yang eksplosif, akan menjadi pengalaman baru untuk penikmat festival musik di Tanah Air.
Sejak secara resmi diumumkan, WATERBOMB Jakarta tuai antusiasme dari penggemar KHH (Korean Hip-Hop) di Indonesia. Acara yang awalnya diselenggarakan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 1 dan 2 November 2024, kini dikombinasikan menjadi one day event pada tanggal 2 November 2024 yang bertempat di PHANTOM Ground Park – PIK 2.
Hal ini merujuk pada minat penggemar yang ingin menikmati pertunjukan festival musik di hari libur kerja/sekolah atau saat tidak ada rutinitas harian, sehingga penggemar dapat menikmati seluruh penampilan artis dalam 1 hari dengan durasi yang lebih panjang tanpa ketinggalan satu artis pun.
Pada sesi “The Final Episode of Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2024), selaku Chairman Prestige Promotions, Rudy Salim mengatakan, “WATERBOMB Jakarta adalah acara festival musik dengan elemen air asal Korea Selatan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Acara ini tidak hanya menghadirkan pertunjukan musik yang spektakuler dan berbagai aktivitas, tetapi juga berkontribusi pada ekonomi kreatif Indonesia.”
Ribuan pengunjung akan memadati WATERBOMB Jakarta yang akan membantu meningkatkan visibilitas Indonesia sebagai destinasi wisata yang inovatif dan penuh warna. “Dampak positifnya sangat terasa, mulai dari peluang bagi pelaku industri kreatif lokal. Tenant UMKM yang berjualan di area festival, Daily Worker, Petugas Kreatif lepasan adalah contoh sempurna bagaimana acara besar dapat menggerakan sektor pariwisata dan menciptakan lapangan kerja,” katanya lagi.
Sebagai festival musik pertama yang mengusung konsep perang air, Kemenparekraf mendukung penuh jalannya acara ini. Menparekraf, Sandiaga Uno, menyatakan dukungannya untuk WATERBOMB Jakarta. “Happy banget ya biasanya orang Indonesia nonton konser di luar negeri, sekarang kita bisa menarik wisatawan mancanegara terlebih acara ini digelar di PIK 2 yang menjadi destinasi yang wisata luar biasa,” ujarnya.
Untung Pranoto selaku CEO Prestige Promotions menambahkan, “Hadirnya 20 pengisi acara yang sebagian besar merupakan artis papan atas asal Korea Selatan, tidak hanya menikmati festival musik, akan ada banyak experiences seperti inflatable park, off-road area, pampering area, dan juga berbagai tenant UMKM.”
Prestige Promotions secara resmi telah memulai penjualan tiket Pre-Sale 2 WATERBOMB Jakarta untuk kategori Diamond, Golden, dan Festival yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,2 juta melalui laman berikut https://event.tix.id/event/WaterbombJakarta2024 (harga yang tertera belum termasuk pajak dan biaya admin).
Dalam beberapa tahun terakhir, festival ini telah memulai World Tour yang membawa perpaduan unik antara musik dan perang air ke kota-kota di seluruh dunia. Negara-negara seperti Jepang, Thailand, Singapura, Taiwan, dan Amerika Serikat telah menyelenggarakan festival versi mereka sendiri dan menyesuaikannya dengan selera lokal namun tetap mempertahankan elemen-emen inti dari keistimewaan WATERBOMB Festival.
Dilansir dari data Good Stats, antusiasme masyarakat Indonesia terhadap budaya Korea Selatan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penggemar K-Pop (Korean Pop) dan KHH (Korean Hip-Hop) terbanyak di dunia. Merujuk pada data tersebut, Prestige Promotions sebagai promotor musik yang menyelenggarakan WATERBOMB Jakarta yakin bahwa hadirnya WATERBOMB Jakarta akan membawa sekitar 10.000+ pengunjung dalam 1 hari acara. Terlebih, festival musik dengan mengusung konsep unik perang air ini merupakan hal baru yang akan menarik minat pengunjung baik penggemar KHH (Korean Hip-Hop) maupun publik.
WATERBOMB Jakarta hadir dengan berbagai dekorasi penuh warna dan atraktif yang dirancang untuk memberikan pengalaman visual akan menghiasi dan memeriahkan suasana area festival. Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri yang hanya dapat ditemukan di WATERBOMB Jakarta. (ahmad)