Pada sektor pendidikan, Telkom melalui platform Pijar Belajar menghadirkan chatbot Tanya Pijar. Pemanfaatan Tanya Pijar memberikan dukungan kepada siswa dan guru untuk proses belajar yang lebih interaktif. Chatbot ini dirancang untuk menyesuaikan konten pembelajaran dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang lebih personal.
“Dengan teknologi AI yang terus kami kembangkan, Telkom berkomitmen untuk mendukung transformasi digital di Indonesia. Solusi AI kami tidak hanya meningkatkan efisiensi layanan kepada pelanggan, tetapi juga membantu meningkatkan daya saing bisnis nasional di era digital,” kata Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid.
Ke depannya, Telkom berencana untuk meningkatkan kapabilitas AI miliknya melalui pengembangan teknologi Gen AI Multi-LLM yang mendukung penggunaan multi bahasa dan berbagai mode komunikasi. Pengembangan ini memungkinkan Telkom menghasilkan chatbot dalam waktu lebih cepat, dari yang sebelumnya memerlukan waktu empat minggu, nantinya bisa selesai hanya dalam satu minggu.