Salah satu strategi yang dijalankan oleh Indonesia melalui Kementerian Perindustrian adalah memperluas promosi produk halal pada ajang internasional bergengsi, di antaranya dengan partisipasi pada “Halal Expo Turki,” yang merupakan salah satu pameran halal terbesar di dunia.
Pada tahun 2023, Indonesia berhasil mencatatkan capaian komitmen transaksi perdagangan sebesar Rp10,4 miliar. Keberhasilan tersebut menjadi momentum strategis untuk melanjutkan langkah promosi yang lebih terarah. Pada tahun 2024 ini, Indonesia kembali hadir dengan Paviliun Indonesia yang menampilkan produk-produk unggulan dari berbagai sektor.
Dalam Halal Expo Turki 2024, Indonesia menghadirkan Paviliun Indonesia yang menampilkan 12 pelaku industri unggulan sebagai co-exhibitor, yaitu 1.) PT Bintan Inti Industrial Estate, 2.) PT Binabusana Internusa, 3.) PT Cinquer Agro Nusantara, 4.) PT Formosa Ingredient Factory, Tbk, 5.) PT Jayatama Selaras, 6.) PT Kapal Api, 7.) PT Lestari Jaya Bangsa, 8.) PT Priskila Prima Makmur, 9.) CV Realsa Natural, 10.) PT RM Deltasari Indah, 11.) PT Surabaya Indah Permai, dan 12.) PT Venamon. Kehadiran para pelaku usaha ini mencerminkan keberagaman produk halal unggulan Indonesia, mulai dari makanan, minuman, hingga kosmetik.