IPOL.ID – Indonesia Indicator (I2) merilis hasil riset yang menempatkan Presiden Prabowo Subianto sebagai tokoh terpopuler di media sosial sepanjang tahun 2024.
Prabowo berhasil mengumpulkan 541.668.056 tanggapan di berbagai platform, mengungguli tokoh-tokoh lainnya.
“Prabowo Subianto memiliki daya tarik bagi warga net (netizen) di lima platform media sosial (Instagram, Twitter (X), Facebook, TikTok, Youtube) dengan karakter yang berbeda satu dengan lainnya. Di platform X (dulunya disebut sebagai Twitter), Prabowo mendapat jumlah postingan tertinggi, dengan sentimen negatif sebesar 38 persen,” kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang dalam keterangannya, Selasa (31/12).
Rustika membeberkan, tanggapan tertinggi justru berasal dari platform TikTok, dimana netizen merespons positif karakter Prabowo yang dianggap tangguh, menarik, mandiri, dan terkesan dizalimi terutama selama masa Pilpres. Sentimen negatif hanya sebesar 15 persen.
Dukungan terhadap Prabowo juga terlihat melalui banyaknya postingan positif dari influencer terkenal Indonesia, seperti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.
“Konten dengan emosi ‘joy’ seperti berbagai momen viral ‘Dance Gemoy’ atau karakter Si Gemoy berhasil mencuri perhatian publik dan meningkatkan keterlibatan positif,” ungkap Rustika.
Selain Prabowo, Gibran Rakabuming, putra dari mantan Presiden Joko Widodo, berada di urutan kedua dengan 239.333.797 tanggapan.
Gibran membetot perhatian, terutama pada saat masa kampanye, kedekatan dengan Prabowo, dan isu saat debat cawapres yang sempat kontroversial.
“Secara jumlah unggahan di media sosial, Gibran banyak dibincangkan di plaftorm X, dengan sentimen negatif sekitar 39 persen,” jelasnya.
Meskipun demikian, tanggapan negatif terhadap Gibran hanya sekitar 17 persen selama setahun terakhir, dengan emosi positif mendominasi, terutama setelah euforia kemenangan.
Di posisi ketiga, Joko Widodo, yang sebelumnya menduduki peringkat pertama pada 2023, meraih 226.800.845 tanggapan. Jokowi banyak dibicarakan di platform X dengan sentimen negatif sebesar 21 persen, namun tetap mendapat perhatian positif di TikTok dan Instagram.
“Namun demikian, Jokowi lebih banyak direspons dan mendapat atensi di TikTok dan Instagram melalui influencer yang meng-highlight kegiatan positifnya,” katanya.
Netizen banyak memberi atensi pada momen-momen spontan maupun aktivitas Jokowi selama pilpres, mengkampanyekan IKN, hingga aktivitas setelah memasuki masa pensiun.
Anies Baswedan menempati peringkat keempat dengan 220.355.948 tanggapan,
Rustika bilang, Anies mendapat perhatian besar di masa kampanye dengan 62,3 persen diskusi berasal dari platform X.
Sentimen cukup berimbang dengan nada negatif yang lebih banyak diarahkan kepada pendukungnya daripada dirinya langsung. Peningkatan signifikan tercatat terjadi pada Agustus, atau pasca-pemilihan presiden.
Anies merupakan salah satu figur yang mendapatkan engagement (keterlibatan) terbesar di platform X, khususnya pada saat Pilpres 2024. Peningkatan engagement Anies terjadi ketika mulai membuka diri di platform TikTok dan melakukan live.
Pasca pilpres, Anies masih relatif aktif ditanggapi di medsos. Konten yang berisi edukasi Anies menjadi salah satu hal yang disukai netizen.
Sedangkan Ganjar Pranowo berada di urutan kelima dengan 133.915.465 tanggapan. Ganjar dikenal melalui interaksinya di media sosial, termasuk kolaborasi TikTok yang viral seperti dengan Fuji dan interaksi lucu dengan anak-anak mendapat atensi tertinggi.
Sentimen positifnya mencapai 58 persen, dengan engagement yang konsisten. Pasca pilpres, unggahan pada Ganjar menurun.
’”Yang menarik, posisi keenam Tokoh Terpopuler 2024 ditempati Jennifer Coppen dengan 95.860.992 tanggapan,” sebutnya
Jennifer menarik perhatian publik setelah kepergian suaminya, Dali Wassink, dalam kecelakaan motor pada Juli 2024.
“Kehidupannya sebagai ibu tunggal yang tangguh dan aktif di bisnis kuliner serta kecantikan memicu simpati dan dukungan publik. Endorsement Jennifer bahkan mencapai Rp180 juta per postingan di TikTok atau Reels, angka yang memicu diskusi luas di media sosial,” terangnya.
Posisi ketujuh diduduki Mahfud MD dengan 74.249.822 tanggapan. Pasca-pilpres, perhatian terhadap Mahfud MD menurun drastis. Salah satu momen viralnya adalah debat panas dengan Gibran selama masa kampanye.
Tokoh Terpopuler kedelapan ditempati Juanneve (Juan & Eve) dengan 58.402.002 tanggapan. Pasangan selebritas Juan dan Eve ini menarik perhatian dengan konten hubungan yang lucu, penuh cinta, dan relatable.
“Konten yang berisi couple goals selalu menjadi atensi netizen di 7 negara Asia. Dan pasangan ini membagikan berbagai kisah mereka yang spontan, inspiratif, menggunakan storytelling yang relatable, konten bilingual, membuat postingan mereka mendominasi For You Page (FYP) di TikTok,” katanya.
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Tokoh Terpopuler kesembilan dengan 51.945.909 tanggapan.
Sosok AHY terus menjadi sorotan dengan peran aktifnya di politik dan aktivitas publik yang membangun citra positif, baik selama menjadi menteri Agraria dan Tata Ruang hingga menjadi Menko Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.
Selebritas dan mantan pemain basket Denny Sumargo (Densus) berada di posisi kesepuluh dengan 48.071.225 tanggapan.
Podcast Densu menjadi magnet diskusi di media sosial dengan konten-konten motivasi, mengundang tokoh kontroversial, atau menampilkan topik-topik sensitif seperti “Iparku adalah Maut” hingga kisah inspiratif seperti kebangkitan David Ozora dari koma.
“Tahun 2024 menunjukkan bahwa kombinasi antara isu politik, konten emosional, dan kehadiran autentik di platform seperti TikTok, Instagram dan X menjadi kunci utama dalam mendominasi diskusi di media sosial. Tokoh politik tetap memegang peran besar, namun figur publik dari kalangan selebriti dan influencer mulai mengambil porsi yang signifikan dalam percakapan digital di Indonesia,” pungkasnya. (far)