Kolaborasi ini diluncurkan secara resmi pada pertandingan AFF 2024 antara Timnas Indonesia melawan Laos dan Filipina di Stadion Manahan, Solo pada 12 Desember 2024 lalu. Pada kesempatan tersebutlah, kampanye bertajuk #PemainKeduaBelas diperkenalkan ke publik. Kampanye ini sejatinya terinspirasi dari peran suporter dalam dunia sepak bola yang selalu setia mendukung tim favorit mereka, apapun kondisinya.
PSSI dan UNICEF mengajak masyarakat untuk menjadi “suporter” bagi anak-anak Indonesia, dengan memberikan dukungan untuk pemenuhan hak anak. Simbol angka 12 merepresentasikan para pendukung Garuda yang bersatu untuk mencapai dua tujuan utama: mendukung kemenangan Timnas Indonesia di lapangan dan mendukung anak-anak Indonesia untuk mencapai potensi terbaik mereka.
Sebagai bagian dari kolaborasi ini, PSSI melalui PT. GSI akan mendonasikan sebanyak 3% dari hasil penjualan tiket pertandingan kandang antara Timnas Indonesia melawan Laos dan Filipina kepada UNICEF. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk mendukung beberapa program prioritas UNICEF saat ini yaitu program imunisasi, pendidikan, perlindungan, dan nutrisi bagi anak-anak Indonesia yang akan dilaksanakan melalui kantor utama UNICEF di Jakarta dan lima kantor wilayah yang tersebar di Surabaya (mencakup Jawa Timur dan Jawa Tengah), Banda Aceh (Nangroe Aceh Darussalam), Kupang (mencakup Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat), Makassar-Ambon (Sulawesi Selatan, Maluku), dan Jayapura-Manokwari (Papua, Papua Barat). Program-program ini akan menjangkau anak-anak dari berbagai usia, mulai dari janin hingga remaja, dengan mengutamakan bantuan pada anak-anak yang paling membutuhkan.