IPOL.ID – Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) harus adaptif bertransformasi di tengah revolusi industri 5.0. Hal ini membawa tantangan baru yang menuntut transformasi menyeluruh dalam berbagai sektor, termasuk pelayanan publik. Karena itu Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu terus mendorong transformasi Korpri agar tetap relevan dan adaptif menghadapi era baru ini.
“Teknologi bukanlah ancaman, melainkan alat untuk memberdayakan pelayanan publik agar lebih cepat, transparan, dan humanis,” ungkap Mbak Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang, dalam acara peringatan HUT Korpri ke-53 di Semarang belum lama ini.
Menurutnya, sebagai garda terdepan pelayanan masyarakat, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) harus berada di garis depan menghadapi perubahan ini. Ia mengklaim Korpri di bawah arahannya sudah melakukan beberapa langkah strategis. Hal ini guna memastikan pelayanan publik tetap unggul.
Salah satunya adalah dengan Digitalisasi Layanan Publik. Korpri mengintegrasikan teknologi canggih seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan Big Data. Menurutnya hal ini dilakukan untuk Automasi dan Smart Services yakni Meningkatkan efisiensi melalui e-Government dan e-Services.