IPOL.ID – Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger menggelar sosialisasi kepada calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kinasih Resort Depok Jawa Barat, oleh Faridawaty Sidadolog selaku Account Representative. Kegiatan tersebut diikuti oleh 200 peserta calon PMI penempatan Korea Selatan (Korsel) binaan Kementerian Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (KemenP2MI/BP2MI).
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger Dewi Manik Imannury, mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk mengedukasi program dan manfaat program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) kepada calon PMI yang akan bekerja di luar negeri. ”Para calon PMI ini sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dari layanan kantor cabang Ceger. Maka kami perlu menyampaikan hak dan manfaat apa saja yang mereka dapatkan dari program BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Dewi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (7/2/2025).
Menurut Dewi, salah satu materi yang disampaikan adalah pemanfaatan aplikasi JMO (Jamsostek Mobile). Aplikasi tersebut dapat memudahkan layanan PMI baik dalam masa pembinaan di dalam negeri maupun ketika bekerja di luar negeri. Dengan aplikasi JMO tersebut PMI dalam mengakses informasi terkait program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, seperti Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM).
”Melalui aplikasi ini, Pekerja Migran Indonesia dapat memantau status kepesertaan mereka, melakukan pembayaran iuran, serta mengajukan klaim secara langsung tanpa perlu datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan,” sebut Dewi.
Dengan aplikasi JMO, PMI dapat dengan mudah mendaftar dan melakukan verifikasi kepesertaan. Pendaftaran ini dapat dimanfaatkan seluas-luasnya terutama oleh PMI perorangan sebelum berangkat bekerja ke luar negeri. ”Di dalam aplikasi JMO ini ada kartu digital sesuai identitas perorangan untuk memastikan bahwa mereka terdaftar dan mendapatkan perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Dewi.