Berikut pengembangan kemampuan ideal ustadz atau ustadzah untuk mendukung terwujudnya Pesantren Ramah Anak:
1. Teladan Sikap Islami
Ustadz atau Ustadzah harus mampu jadi teladan dalam menerapkan nilai-nilai Islam berlandaskan Al-Qur’an, Hadits, serta ajaran ulama, serta memperhatikan hukum dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Keteladanan pondasi utama membentuk karakter santri.
2. Komitmen pada Pendidikan dan Agama
Ustadz atau Ustadzah harus memiliki komitmen kuat dan kecintaan terhadap dunia pendidikan dan ilmu agama. Mereka juga wajib memenuhi kualifikasi sebagai pendidik yang profesional, kompeten, dan terus mengembangkan pengetahuan dalam mendidik santri.
3. Memberikan Perlindungan dan Rasa Aman
Ustadz atau Ustadzah bertanggung jawab dalam memberikan perlindungan fisik dan emosional santri, menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan menyenangkan di pesantren, sehingga Santri merasa dihargai dan didukung dalam proses pembelajaran.
4. Penerapan Metode Pembelajaran Kreatif
Ustadz atau Ustadzah punya kemampuan mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan, dan ramah anak. Santri diberi ruang untuk terlibat dalam proses belajar, baik melalui pendekatan praktis maupun reflektif.